Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Punya Gaji Rp8 Juta, Anda Sudah Bisa Kurban Sapi Tahun Depan!

Jakarta, CNBC Indonesia – Apakah Anda bermimpi menyembelih sapi tahun depan? Dengan gaji Rp 8 juta per bulan, Anda bisa melakukannya dengan perencanaan keuangan yang baik.

Bagi seluruh umat Islam yang mampu, membeli hewan kurban merupakan pengeluaran tahunan. Padahal, jika berkurban seekor kambing, 1/7 ekor lembu atau sapinya harus sesuai dengan status keuangan orang tersebut.

Harap dicatat bahwa biaya ini juga dapat dibayar di muka. Tidak salahnya menabung untuk membeli hewan kurban selama setahun untuk membeli seekor sapi.

Berikut tips berhemat untuk membeli sapi kurban senilai 8 juta

Sebelum menyisihkan uang untuk membeli hewan kurban, hitung dulu total pengeluaran selama sebulan.

Anda harus memastikan bahwa dengan total penghasilan sebesar Rp 8 juta, Anda dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan pokok dan wajib sebelum memberikan uang untuk berqurban dan investasi.

Jika 50 sampai 60% dari total pendapatan dari total kebutuhan pokok dan wajib, sebaiknya ditabung untuk membeli sapi yang akan dikurbankan pada tahun mendatang.

Jika total belanja bulanan Anda adalah $4,8 juta atau sama dengan 60% pendapatan bulanan Anda, Anda dapat mendonasikan 15% dari seluruh pendapatan atau 1,2 juta rupiah untuk membeli sapi kurban.

Sisanya, yaitu 25% dari penghasilan, bisa Anda alokasikan untuk tabungan, investasi, atau kegiatan self-reward. Katakanlah 5-10% untuk imbalan Anda sendiri dan sisanya untuk investasi.

Berdasarkan riset tim CNBC Financial Expert di beberapa lembaga penyalur zakat, harga sapi kurban hari ini bisa mencapai Rp 14,6 juta.

Jika Anda memilih jalur kurban ini, Anda mungkin tidak bisa melihat langsung penyembelihan hewan kurban, karena akan dilakukan di luar kota Anda. Namun dengan harga sapi yang mulai Rp 14 juta, harganya masih tergolong tinggi.

Tonton video di bawah ini: Video: Berbagai Penipuan Beasiswa Perguruan Tinggi, Apakah Korban Bisa Ajukan Gugatan? (ek/ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *