Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Rahasia Huawei Terbongkar, Diam-diam Titip Uang ke Harvard

Jakarta, CNBC Indonesia – Huawei Technologies telah masuk daftar hitam pemerintah Amerika Serikat (AS) sejak 2019. Artinya raksasa China itu tidak bisa mendapatkan teknologi dari AS.

Ia memiliki ekor yang panjang. Ponsel Huawei tidak bisa menggunakan sistem operasi Android yang dikembangkan Google, sehingga harus tertinggal jauh dari perusahaan ponsel lain karena tidak bisa mengembangkan teknologi komunikasi 5G di ponsel.

Namun, tampaknya Huawei diam-diam menginvestasikan dana penelitian di beberapa universitas ternama Amerika. Salah satunya adalah Harvard.

Pembiayaan tersebut dilakukan melalui yayasan yang berbasis di Washington, dikutip MoneyControl, Jumat (3/5/2024), berdasarkan laporan Bloomberg.

Huawei secara eksklusif akan mendukung kompetisi penelitian di universitas-universitas terkemuka AS mulai tahun 2022. Pendanaan tersebut bernilai jutaan dolar AS dan telah menarik ratusan lamaran dari para peneliti di seluruh dunia.

Faktanya, uang Huawei juga diterima oleh universitas-universitas yang melarang peneliti mereka bekerja untuk raksasa Tiongkok tersebut, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Kompetisi penelitian ini dijalankan oleh Optica Foundation, sebuah cabang nirlaba dari Optica.

Dalam dokumen yang tidak dipublikasikan, disebutkan bahwa pendanaan Huawei di universitas harus dirahasiakan.

“Yayasan tidak boleh mengungkapkan bahwa Huawei adalah sponsor programnya. Hubungan antara kedua pihak adalah informasi rahasia,” tulis surat kabar tersebut.

Peneliti dan kandidat universitas mengatakan mereka tidak mengetahui partisipasi Huawei dalam program tersebut.

Menurut juru bicara Huawei, perusahaan dan Optica Foundation mengadakan kompetisi untuk mendukung penelitian dan pendidikan internasional. Ia mengatakan, keterlibatan Huawei disembunyikan karena tidak ingin dianggap sebagai bentuk promosi perusahaan.

CEO Optica Liz Rogan mengatakan banyak program donor, termasuk dari Amerika, yang diakui. Tidak ada yang salah dengan keikutsertaan Huawei sebagai sponsor rahasia. Tonton video di bawah ini: Bos Raksasa Teknologi Kunjungi RI, Apakah Informasi Global Mengancam? (sukses/sukses)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *