Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Rekening Terkuras! Penipuan di WhatsApp Makan Banyak Korban

JAKARTA, CNBC Indonesia – Internet adalah pedang bermata dua Meski membawa banyak manfaat, namun kasus penipuan juga banyak terjadi, bahkan semakin sering terjadi.

Kebanyakan mod menggunakan WhatsApp Ada banyak cara untuk menyebarkan virus melalui file APK. File tersebut dikirim ke beberapa nomor acak dan file berbahaya tersebut diharapkan dapat diunduh oleh penerima atau calon korban.

Berikut adalah beberapa penipuan online yang terjadi di WhatsApp:

1. Modus kurir

Dalam penipuan ini, seseorang yang mengaku sebagai J&T Scammers mengirimkan lampiran file apk bertuliskan Lihat Foto Paket dan meminta korban untuk mendownloadnya.

Jika diunduh, korban kehilangan uangnya di bank. Data korban, termasuk data keuangan, dicuri penipu.

2. Berkas undangan pernikahan

File seperti undangan pernikahan dikirim ke banyak pengguna whatsapp Nama file apk ini adalah kartu undangan pernikahan digital ukuran 6.6 mb

Seperti pada cara sebelumnya, penipu meminta korbannya untuk membuka file apk

3. Tiket perjalanan palsu

Banyak pengguna WhatsApp yang menemukan file apk seperti file Apk tiket dengan nama “Tilang-up Surah. apk aplikasi’

“Perhatian! Waspada penipu yang menggunakan cara pengiriman tiket lewat WhatsApp ini. Jangan klik/download file berekstensi “.apk” dari orang tak dikenal di gadget Anda.

4. Penipuan nama MyTelkomsel Cara lainnya adalah dengan menggunakan nama MyTelkomsel pada aplikasi Telkomsel. Seperti sebelumnya, akan ada file apk yang diterima korban dan diminta untuk diunduh

Banyak aplikasi yang meminta izin file, termasuk akses ke foto, video, SMS, dan akun perbankan digital atau layanan fintech.

5. Deklarasi bank

Penipu juga terlihat membuat pengumuman dari bank. Isi deklarasi tersebut terkait dengan fluktuasi transaksi dan kecepatan transfer yang tidak wajar

Calon korban diminta mengisi formulir di tautan tersebut. Namun, tautan ini mencuri banyak informasi sensitif tentang korban

6. Tantangan VCS

Penipuan lainnya adalah video call sex (VCS) lalu memeras korbannya Pakar keamanan siber Alphonse Tanujaya mengatakan pendekatan ini memanfaatkan ketidaktahuan seseorang terhadap teknologi.

Dijelaskan Alphonse, jika ragu dan ada pemerasan, hubungi teman yang paham dan minta bantuan untuk menghadapi ancaman yang tidak kita pahami, pokoknya jangan mengikuti ancaman.

7. Gunakan QR

Penjahat telah menggunakan kombinasi kode QR dan teknik phishing untuk mencoba mendapatkan informasi pribadi korban. Kode QR akan membawa Anda ke situs tertentu yang dapat mengidentifikasi alamat korban ke daftar pemohon.

Korban juga diarahkan ke situs palsu. Hal ini mempersulit penjahat untuk mendeteksi situs web sebelum diluncurkan

Waspadalah terhadap penipuan kuis

Penipuan yang menggunakan kode QR untuk memikat korban ke dalam perangkap disebut “Quising.” Sebagai referensi, “qing” adalah kombinasi kode QR dan phishing, di mana penjahat menipu korbannya untuk mendapatkan informasi dan data pribadi.

Dalam mode ini, korban diarahkan ke situs tertentu setelah memindai kode QR menggunakan ponsel. Selain kemampuan mengirim pesan teks biasa, mod ini dapat menampilkan daftar aplikasi dan peta alamat

Penjahat memanfaatkan kemampuan untuk mengirim calon korban ke situs web palsu, sehingga menyulitkan orang untuk mengidentifikasi situs yang ingin mereka kunjungi sebelum membuka web.

Wired menulis bahwa penafian menipu penjahat agar mengunduh sesuatu ke perangkat mereka, dan unduhan tersebut merusak perangkat korban.

Kejahatan ini semakin meningkat dari hari ke hari karena kode QR dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja bahkan tanpa keahlian khusus

Namun, ada cara untuk menghindari kejahatan penelantaran. Yang terpenting, jangan percaya kode QR yang dipasang di tempat umum atau diberikan kepada orang yang tidak Anda ketahui dari mana asalnya.

Kode QR dengan maksud kriminal juga dapat diidentifikasi karena, secara umum, penipu meningkatkan urgensi dan kecemasan calon korban dengan, misalnya, menambahkan pernyataan “pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah akun Anda dihapus”.

Terakhir, jangan lupa aktifkan autentikasi dua faktor di setiap akun. Selain itu, log off perangkat yang sudah tidak digunakan Tonton video di bawah ini: Peran Adopsi Alibaba Cloud dan Cs Data Center untuk Bisnis UMKM (pgr/pgr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *