Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Resmi! Anak Usaha Emtek Caplok 51% Saham CASS, Segini Nilainya

Jakarta, CNBC Indonesia – Konglomerat global PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) melalui anak usahanya PT Roket Cipta Sentosa (PT RCS) telah menyelesaikan pengambilalihan PT Cardig Aero Services Tbk, perusahaan induk yang mendukung pelayanan bandara. (CASS), 25 April 2024.

RCS telah membeli 1.064.344.500 saham CASS dari PT Cardig Asset Management, PT Dinamika Raya Swarna dan Cemerlang Pte Ltd, yang mewakili 51% dari seluruh saham. Merujuk keterbukaan informasi, pembelian ini dilakukan di pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Total harga transaksi saham tersebut adalah Rp 872.762.490.000 dan harga pembelian saham sebesar Rp 820. Penyelesaian tersebut mengakibatkan perubahan pengendalian langsung CASS. Hal ini juga berdampak pada perubahan pengendalian tidak langsung pada unit bisnis CASS, PT Jasa Angkasa Semesta Tbk. (KEMAMPUAN).

“Akuisisi ini dilakukan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk Peraturan Badan Jasa Keuangan Nomor 9/POJK.04/2018 tentang pengambilalihan perusahaan terbuka,” kata Sekretaris Perusahaan EMTK Titi Maria Rusli dalam siaran pers BEI. dikutip di sana. (26/04/2024).

Transaksi ini mengurangi saldo kas dan arus kas keluar EMTK untuk pembelian saham yang dijual dalam penawaran tender wajib PT CASS (terkait perubahan pengendalian langsung PT CASS). Juga penawaran tender wajib PT JASS (terkait perubahan pengendalian tidak langsung PT JASS).

Di sisi lain, transaksi ini menambah saldo investasi jangka panjang EMTK sejumlah tertentu sehingga kondisi keuangan perseroan dalam hal ini jumlah aset tidak mengalami perubahan yang signifikan. Tonton video di bawah ini: Video: Nasib sektor teknologi di era suku bunga tinggi (ayh/ayh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *