Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Research

RI Bakal Punya BBM Baru Tahun Depan, Ini Dia..

JAKARTA, CNBC Indonesia – Indonesia diperkirakan akan menerima bahan bakar minyak (BBM) jenis baru pada tahun depan. Jenis bahan bakar baru ini memberikan peningkatan 10% dalam penggunaan bioetanol dalam campuran bahan bakar.

Pemerintah melakukan campuran tersebut untuk mengurangi impor bahan bakar. Seperti yang Anda ketahui, bioetanol merupakan fermentasi biomassa melalui umbi-umbian seperti jagung dan tebu.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Enia Listiani Devi mengatakan, Pertamina kini telah menerapkan bahan bakar bioetanol (E5) 5% yang menghasilkan produk Pertamax Green 95.

“Kementerian ESDM sudah punya regulasi. E5 sudah ada. E10 tahun 2025. Tapi belum ada yang dilaksanakan. Makanya, industri kita belum bisa mengejar. Regulasinya sudah dibuat dengan baik, tapi etanol pada Kamis (30/5/2024) Kita mempunyai potensi besar untuk mengurangi impor BBM, kata Enia usai acara Green Economic Forum 2024.

Menurut Enea, selain mengurangi impor bahan bakar, efisiensi mesin dapat dimaksimalkan dengan memadukan bahan bakar dan etanol. Hal ini berbeda dengan biodiesel karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap komponen mesin.

“Biodiesel bisa menggelembung, membentuk kerak, mengendap. Jadi ganti filternya dengan cepat. Ini justru meningkatkan angka oktan. Ya, ini lebih baik lagi. Kendalanya hanya pada cukai,” kata Enya.

Pada saat yang sama, ia mengabarkan bahwa pemerintah telah menyetujui penghapusan bea masuk atas jenis bahan bakar yang akan digunakan sebagai campuran bahan bakar.

Disepakati peraturan cukai boleh tidak membayar cukai. Sebenarnya sudah ada. Penjelasan Kementerian Keuangan tadi sudah jelas. Bahwa tidak ada cukai, tapi izin, izin melakukan usaha. bahan bakar bioetanol.” , jadi itu yang perlu dikoordinasikan. Perlu izin baru, ujarnya, simak video di bawah ini BI memegang bunga 6,25% hingga harga BBM mencapai 57.000 rupiah per liter (pgr/pgr) di AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *