Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Ragam

RI ‘Pamerkan’ Cara Baik Atasi Pencemaran Danau Toba di Sini

Badung, CNBC Indonesia – Indonesia akan menampilkan praktik terbaik dalam mengatasi polusi di Danau Toba, Sumatera Utara, pada World Water Forum ke-10 di Bali. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia telah membangun Jaringan Pipa Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Parapata yang menghubungkan dua kabupaten, yaitu Parapat, Kabupaten Simalungun, dan Ajibatu, Kabupaten Toba.

Pembangunan jaringan IPAL bertujuan untuk mencegah pencemaran perairan Danau Toba, serta mendukung pengembangan pariwisata di kawasan yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai salah satu dari lima kawasan destinasi super prioritas (DPSP).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jaringan IPAL Parapat dilakukan Balai Kebijakan Daerah (BPPW) Sumut sejak September 2020 dengan anggaran Rp59,42 miliar.

Pembangunan infrastruktur ini akan memastikan air limbah domestik dari rumah dan hotel tidak mencemari Danau Toba.

“Mencegah pencemaran air di Danau Toba merupakan best practice yang dapat disoroti dalam kegiatan World Water Forum ke-10,” kata Basuki dalam keterangannya, Jumat (17/05/2024).

Jaringan IPAL Parapat dibangun dimulai dari Jalan Sisingamangaraj, Terminal Sosor Saba dan Jalan Anggarajim, kemudian masuk dalam IPAL PantaiFree, setelah itu dilakukan pengolahan IPAL di bantaran kawasan Sijambur Ajibata yang berdekatan dengan kolam fakultas, maturasi dan tangki lumpur kering.

Forum Air Dunia ke-10, didedikasikan dengan tema luas “Air untuk Kemakmuran Bersama”. Sub-tema Forum Air Dunia ke-10 mencakup keamanan dan kemakmuran air, air untuk manusia dan alam, pengurangan dan pengelolaan risiko bencana, tata kelola, kerja sama dan diplomasi air, pendanaan air berkelanjutan, serta pengetahuan dan inovasi.

Tonton video di bawah ini: 48 negara, 7334 peserta akan menghadiri Forum Air Dunia ke-10 (yay/yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *