Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Research

Rupiah Ambrol, Harga BBM Juli Bakal Naik? Ini Kata Menko Airlangga

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto buka suara terkait harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya BBM nonsubsidi, yang akan diterapkan pada Juli 2024.

“Nanti ada pembahasan tersendiri. Tapi jumlahnya (kuota BBM) sudah jelas. Dari segi subsidi tidak ada perubahan,” kata Menko Airlangga, di Istana Negara, usai Rapat Kabinet, Senin (24 /6/2024), jelasnya.

Seperti diketahui, pemerintah menahan harga BBM, khususnya BBM nonsubsidi yang dijual PT Pertamina (Persero) selama empat bulan atau hingga Juni 2024.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan kenaikan harga BBM pada Juli 2024 kemungkinan besar akan sangat besar. Khususnya untuk bahan bakar nonsubsidi.

Kenaikan harga BBM nonsubsidi terjadi karena tiga aspek. Pertama, harga minyak mentah dunia akhir-akhir ini menunjukkan tren. “Rata-rata akhir-akhir ini sangat tinggi, meski ada perubahan. Tapi rata-rata lebih tinggi dari asumsi APBN,” ujarnya.

Kedua, produksi minyak mentah dalam negeri yang terus menurun berarti proporsi impor bahan bakar ke Indonesia akan terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Ketiga, Komaidi menyebut nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS sedang turun. Berdasarkan data Refinitiv yang diperdagangkan pada pukul 14.26 WIB Senin (24/6/2024), rupiah tercatat pada Rp 16.395 per US$. Ketiga, seperti disebutkan, nilai tukar Rupiah juga terdepresiasi. Ketiga variabel tersebut mendorong harga BBM ke level yang lebih tinggi, ujarnya.

Jika memperhatikan ketiga aspek tersebut, menurut Komaidi, kenaikan harga BBM, khususnya BBM tanpa subsidi, merupakan hal yang wajar jika dilihat dari aspek keekonomian.

Jadi kalau ada perubahan harga, misalnya tentu dari segi prinsip atau aspek ekonomi, itu wajar, meski pendekatannya mungkin berbeda dalam hal politik atau lainnya, ujarnya. Cek harga BBM mulai 1 Mei, Pertamina-Shell-BP-Vivo (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *