Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Rupiah Tiga Hari Beruntun Keok, Dolar Tembus Rp16.250/US$!

Jakarta, CNBC Indonesia – Nilai tukar rupiah kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) seiring munculnya tekanan eksternal sehingga mendorong berita mata uang asing.

Rupiah melemah 0,28% menjadi Rp 16.250/US$ pada akhir perdagangan Senin (29 April 2024), menurut Refinitiv. Situasi ini memperpanjang pelemahan rupee selama tiga hari berturut-turut.

Sementara itu, indeks dolar AS (DXY) di waktu yang sama melemah 0,31% menjadi 105,61.

Pelemahan rupee disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari pesimisme pelaku pasar terhadap bank sentral AS, kebijakan suku bunga Federal Reserve (Fed), ketegangan geopolitik, dan arus keluar aset asing.

Pasar menjadi semakin pesimistis terhadap penurunan suku bunga di AS setelah data terbaru mengenai pengeluaran konsumsi pribadi warga AS, atau PCE, tetap kuat.

Ekspektasi penurunan suku bunga juga kembali ke masa lalu, yang mungkin dimulai pada bulan Maret, kemudian dipindahkan ke bulan Juni, dan kini dipindahkan kembali ke bulan September.

Situasi ini membuat investor memilih untuk melarikan diri dari emerging market seperti Indonesia dan kembali membeli aset berdenominasi dolar AS.

RISET CNBC INDONESIA Simak video di bawah ini: Video: Rupiah Jatuh, Capai Rp 16rb per Dolar AS (tsn/tsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *