Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Sah! CEO Microsoft Satya Nadella Umumkan Investasi Rp 27,6 T di RI

Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan investasi sebesar US$1,7 miliar atau setara Rp 27,6 triliun di Indonesia. Hal itu diungkapkannya pada acara ‘Microsoft Build: AI Day’ di JCC, Selasa (30/4/2024).

Sebelumnya pada hari ini, Nadella bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Negara pada pukul 08:25 WIB hingga 08:53 WIB.

“Hari ini kami sangat gembira mengumumkan bahwa kami akan memperluas investasi pusat data senilai $1,7 miliar untuk menghadirkan infrastruktur AI terbaru dan terhebat di Indonesia,” kata Nadella di atas panggung.

Selain itu, Nadella mengatakan investasi tersebut berarti Microsoft akan membangun infrastruktur kelas dunia untuk chip Maya dari Nvidia, AMD atau Microsoft.

Semuanya akan menjadi bagian dari infrastruktur data center yang akan dibangun. Dengan demikian, pengembang dapat melatih model AI dan bermain di ekosistem global.

“Kami akan menyediakan infrastruktur AI yang diperlukan. Tentu saja, kami menawarkan peluang besar untuk pemodelan, baik itu Azure atau OpenAI. Atau bisa juga model open source seperti Mistral atau Ilama. Semuanya akan tersedia melalui alat Azure. Untuk pengembang,” dia menjelaskan.

Dengan demikian, perkembangan AI di Indonesia dapat dimanfaatkan di berbagai bidang yang membutuhkan.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi mengatakan Microsoft siap mencetak 840.000 talenta AI di Indonesia dalam 4 tahun ke depan. Simak videonya di bawah ini: Video: Kementerian Komunikasi dan Informatika pastikan IDTH dilengkapi dengan fasilitas tercanggih kelas dunia (fab/fab).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *