Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Sah, Gaji Elon Musk Rp 911 Triliun Setahun

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemegang saham Tesla pada Kamis (13/6) ini menyetujui paket kompensasi untuk CEO Elon Musk senilai US$56 miliar atau setara 911 triliun rupiah.

Keputusan tersebut diambil lima bulan setelah hakim Delaware memerintahkan Tesla untuk membatalkan paket pembayaran setelah menemukan bahwa dewan direksi telah memberikannya secara tidak patut.

“Saya hanya ingin mengatakan, secara mengejutkan, saya mencintaimu,” kata Musk setelah hasil pemungutan suara awal diumumkan, dilansir CNBC International, Jumat (14/6/2024).

Paket gaji Musk sebelumnya adalah saham Tesla senilai $56 miliar. Namun pada bulan Januari, pengadilan Delaware menyatakan paket gaji besar yang diberikan Musk “tidak masuk akal”.

Hakim Kathleen McCormick menemukan bahwa anggota dewan Tesla tidak memiliki independensi dari Musk, gagal bernegosiasi secara memadai dengan CEO dan gagal memberikan gambaran lengkap kepada pemegang saham sebelum meminta mereka untuk memberikan suara pada paket pembayaran yang diusulkan.

Pada rapat tahunan yang diadakan di Austin, Texas, pemegang saham juga menyetujui usulan pemindahan kantor resmi perusahaan dari Delaware ke Texas.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa investor institusional Tesla menentang paket gaji Musk. Mereka berpendapat bahwa upah terlalu tinggi ketika bisnis Tesla sedang tidak berjalan dengan baik.

Namun, “lima besar” pemegang saham Tesla, termasuk Vanguard, BlackRock, State Street, Geode Capital dan Capital Research, belum mengungkapkan posisi mereka mengenai masalah ini. Lima lembaga menguasai 17% suara.

Salah satu investor institusi Tesla yang paling vokal menolak paket gaji Musk adalah Sistem Pensiun Guru California.

“Kami tidak menerimanya karena besarnya, karena penghargaan itu akan sangat merugikan pemegang saham. Kami juga prihatin dengan kurangnya fokus pada profitabilitas perusahaan”, kata agensi tersebut.

Mei lalu, dua pemegang saham terbesar perusahaan konsultan ISS dan Glass Lewis mengajukan penolakan paket gaji Musk. Tonton video di bawah ini: Elon Musk mengancam akan melarang perangkat Apple dari perusahaannya (dem/dem).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *