Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Sahabat Nabi Muhammad Terkaya, Segini Hartanya

Jakarta, CNBC Indonesia – Dahulu kala, ketika Nabi Muhammad SAW lahir dan besar. Mekah pernah menjadi pusat perdagangan dunia. Wilayah tersebut merupakan jalur perdagangan yang menghubungkan Tiongkok dan Eropa.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang kaya yang lahir di kota ini. Termasuk para sahabat Nabi Muhammad S.A.W.

Di antara para sahabat Rasul Abdulrahman bin Auf adalah orang terkaya sepanjang sejarah. Abd al-Rahman adalah pemeluk Islam awal yang diundang oleh Abu Bakar as-Sidiq. Ia masuk Islam bersama Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Talhan bin Ubaydillah dan Sa’ad bin Abi Waqqosh.

Setelah dia masuk Islam Beliau selalu setia berada di sisi Rasulullah dalam segala aktivitasnya. di setiap momen bebas Abdulrahman akan bertindak.

Dalam deskripsi penelitian “Ide Bisnis Abdurrohman Bin ‘Auf Radiyallahu ‘Anh Dilihat dari Fiqih Muamalah dan Sejarah” (2022) Rahasia berdagang adalah selalu menjauhi hal-hal yang haram. Dia tidak pernah berhutang dan selalu bertindak berdasarkan keterampilan dan pengetahuannya.

Ia juga tidak serakah. Saat dia mendapatkan uangnya Ia akan selalu memanfaatkannya dengan baik, seperti sedekah untuk keluarga dan mereka yang membutuhkan. Berkat semua upaya ini, ia memperoleh kekayaan yang “sangat besar”.

Kekayaan Abdul Rahman belum diketahui sepenuhnya. Tapi dari melihat sumbangannya Kita bisa melihat betapa besar kekayaannya. Dia dilaporkan menjual tanah itu seharga 1.000 dinar dan membagikan 500 kuda dan 1.500 unta kepada umat Islam yang berpartisipasi dalam perang.

Faktanya, tidak lama kemudian kematiannya. Dia memberikan 500.000 dinar dan 400 dinar kepada setiap orang yang berperang di Perang Badar.

Apa aset yang dinyatakannya?

Total kekayaan yang didonasikan Gus Dur sebesar 901.000 dinar, tentu saja lebih dari angka tersebut.

Saat ini, 1 dinar sama dengan Rp 51.682.000 jika nilai sumbangan Abdurrah dirupiahkan. Total nilainya Rp 46,57 miliar.

Untuk harga kuda dan unta Katakanlah kuda yang Anda miliki bernilai 25 juta rupiah. Dan unta itu bernilai 20 juta rupiah. Jika dihitung: 500 ekor kuda x Rp 25 juta: Rp 12.500.000.000, maka 1.500 ekor unta x Rp 20 juta: Rp 30.000.000.000.

Jadi, jika dijumlahkan seluruh donasinya, maka didapat Rp 89,07 miliar.

Tentu saja angka ini dihitung berdasarkan nilai saat ini. Artinya, data tersebut mungkin tidak akurat. Tonton video di bawah ini: Kepala Asuransi Syariah Ungkap Prospek Keuntungan Perlindungan Kendaraan Listrik (mkh/mkh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *