Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Siap-Siap! 40.000 ASN Bakal Diuji untuk Penempatan IKN

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan merencanakan dan mengevaluasi efisiensi dan kemampuan Aparatur Sipil Negara (SSC) yang akan ditempatkan di ibu kota nusantara, Kalimantan Timur (IKN).

Pada tahun 2024, BKN mengumumkan setidaknya ada 40.000 ASN pusat yang akan dipetakan dan dievaluasi untuk diajukan ke IKN.

Haryomo Dwi Putranto, Pj Presiden BKN, menargetkan memetakan dan mengevaluasi 60.000 ASN dengan anggaran Rp 5,5 miliar pada tahun ini.

Targetnya, terdiri dari 40.000 ASN dari instansi pusat dan 20.000 ASN dari lembaga pendukung IKN, kata Haryomo dalam rapat dengar pendapat gabungan (RDP) bersama PANRB, BKN, dan panitia DPR II. Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Menurut Haryomo, pengujian tersebut salah satunya melalui computer aided test (CAT).

Hingga saat ini, sebanyak 14.954 ASN telah menyelesaikan pemetaan dan asesmen.

“Hingga 31 Mei 2024 telah dilakukan pemetaan asesmen kapasitas dan kompetensi terhadap 14.954 ASN,” kata Haryomo.

BKN juga melakukan uji pemetaan dan evaluasi terhadap pejabat senior pemerintah. Alat ukur yang digunakan bersifat digital melalui setting virtual assessment center. Parameter harga juga ditetapkan dengan batasan anggaran sebesar Rp 2 miliar.

“Dimulai dengan pengembangan simulasi assessment center berbasis kecerdasan buatan (AI) dimana penilaian potensi dan kompetensi dilakukan secara online menggunakan pemrosesan bahasa alami, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan teknologi blockchain. Proses akuisisi produk berlanjut hingga 31 Mei 2024 20 %,” kata Haryomo.

Simak videonya di bawah ini: ASN, Luhut Cepat Naik ke IKN hingga Raih Gelar Guru Besar (haa/haa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *