Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Sri Mulyani Lapor Dunia Lagi Gonjang-Ganjing Ke Wapres Ma’ruf Amin

Jakarta, CNBC Indonesia. Tekanan ekonomi global yang disebabkan oleh meningkatnya ketegangan geopolitik dan tingginya suku bunga bank sentral dunia telah menimbulkan kekhawatiran bagi banyak menteri keuangan dan gubernur bank sentral dunia.

Dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Maruf Amin, Shri Mulyani Indrawati juga menginformasikan kondisi dunia yang kacau balau. Termasuk kekhawatiran para pemimpin dunia terhadap situasi perekonomian global pada pertemuan musim semi IMF dan Bank Dunia pertengahan bulan ini.

“Jumat lalu (26 April) saya bertemu dengan Wakil Presiden @kyai_marufamin untuk menjalin ikatan dan melaporkan hasil Pertemuan Musim Semi IMF/Bank Dunia dan pertemuan G20 yang dihadiri di Washington DC minggu lalu,” kata Sri Mulyani. dikutip dalam akun Instagram @smindrawati, Senin (29/04/2024).

Shri Mulyani mengatakan, dalam pertemuan dengan Wapres, ia mengatakan rekan-rekan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral juga menyoroti kekhawatiran serupa terhadap situasi perekonomian dunia, yakni situasi global, khususnya ketegangan geopolitik yang sedang berubah sangat besar. dengan cepat. , yang memaksa banyak negara untuk semakin berhati-hati dalam mengurangi risiko di seluruh dunia.

[Gambas: Instagram]

“Beberapa dari mereka juga menyatakan keprihatinannya karena dampaknya memberikan banyak tekanan pada perekonomian masing-masing,” kata Sri Mulyani.

Namun, saat itu Sri Mulyani mengatakan kepada Ma’ruf Amin bahwa situasi perekonomian di Indonesia relatif baik dibandingkan banyak negara. Apalagi stabilitas fiskal masih bisa terjaga dengan baik jika anggaran berimbang positif.

Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Maret 2024 masih mencatat surplus Rp8,1 triliun atau 0,04% terhadap produk domestik bruto (PDB).

“Ini tidak berarti bahwa kita tidak merasakan tekanan risiko global. Karena #APBNKiTa dalam keadaan sehat dan mampu memitigasi berbagai tekanan global dengan baik, saya bersyukur stabilitas perekonomian kita tetap terjaga,” tegasnya.

Sri Mulyani meyakinkan pemerintah Indonesia akan terus mewaspadai risiko global yang sangat dinamis, terutama dalam beberapa waktu terakhir. APBN juga akan tetap operasional dan fleksibel untuk melindungi masyarakat dan perekonomian Indonesia. Tonton video di bawah ini: Video: Protes Industri! Impor bahan baku menjadi sulit ketika dunia mengalami guncangan (wur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *