Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Starlink 3 Tahun Mohon Izin Jualan di RI Tapi Tolak Bayar Karyawan

Jakarta, CNBC Indonesia – Butuh proses panjang sebelum Starlink bisa beroperasi di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika melaporkan, izin usaha awalnya dikeluarkan pada tahun 2021, namun pengerjaan resminya baru dilakukan tiga tahun kemudian.

“Sesuai aturan, kami tidak membeda-bedakan izin Starlink dengan yang lain. Kalau yang merah kami kasih, tidak dijamin karena izin usahanya kami pegang selama tiga tahun terhitung April 2021,” kata Kepala Perusahaan Perizinan Telekomunikasi itu. Direktorat Jenderal Pos dan Informatika (DJPPI) Kominfo Falatehan, sekaligus. , Rabu (12/6/2024).

Starlink memiliki dua izin operasi di Indonesia. Yaitu Izin Penyelenggara Telekomunikasi Layanan Jaringan Tetap Tertutup Media VSAT pada tanggal 6 April 2024 dan Layanan Akses Internet (ISP) pada tanggal 21 April 2024.

Dia mengatakan SpaceX tidak mau membuka bisnis di RI. Perusahaan milik Elon Musk ingin Starlink hanya beroperasi di Indonesia, tanpa mempekerjakan karyawan.

Namun seiring berjalannya waktu, Starlink ingin mendirikan perusahaan dan mematuhi peraturan yang ada di Indonesia. Terakhir, izin usaha dikeluarkan untuk berusaha di dalam negeri.

“Kita sudah ratusan kali ketemu, dari masyarakat yang tidak mau punya PT, hanya ingin mengabdi pada Indonesia. Ya,” kata Falatehan.

Starlink dikenal sebagai perusahaan di Indonesia. Namun informasi yang disampaikan Menteri Keuangan Bahlil Lahadalia menunjukkan hanya tiga orang yang terdaftar sebagai karyawan Starlink. Modal disetor Starlink hanya Rp 30 miliar.

Hal itu terungkap beberapa waktu lalu dalam rapat gabungan dengan Komisi VI DPR RI. Dia tidak memberikan informasi detail mengenai aktivitas perusahaannya di Indonesia.

“Saya khawatir akan menimbulkan banyak penafsiran,” ujarnya. Simak videonya di bawah ini: Video: Elon Musk Didatangi Luhut dan Disambut Jokowi, Hanya Rp 30 Miliar yang Dibawa ke RI (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *