Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Starlink Cuma Bayar Rp 2 Miliar, Operator Seluler Rp 21,1 Triliun

JAKARTA, CNBC Indonesia – Biaya Starlink di Indonesia tampaknya jauh lebih rendah dibandingkan perusahaan dalam negeri. Demikian dilansir Pengamat Telekomunikasi dari STEI TB Agung Harsoyo.

Melalui Starlink, pemiliknya, Elon Musk, diketahui hanya berinvestasi sebesar 30 miliar dolar di Indonesia. Jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan investasi raksasa teknologi seperti Apple dan Microsoft di Indonesia.

Begitu pula dengan rilis yang dilakukan oleh operator seluler Indonesia. Mereka berinvestasi besar-besaran dalam membangun jaringan serat optik, membangun menara telekomunikasi, dan mendirikan pabrik peralatan telekomunikasi.

“Jika ada perusahaan telekomunikasi yang mati atau ada investor telekomunikasi yang keluar dari Indonesia, maka nilai investasi Starlink tidak bisa disamai. Menurut saya, ini bukan prestasi yang bisa dibanggakan,” kata Detik seperti dikutip, Jumat (21 Juni). /2024).

Selain itu, Starlink hanya perlu membayar biaya regulasi maksimum sebesar $2 miliar per tahun per unit satelit. Hal ini berdasarkan lisensi BHP Satellite Radio (ISR) yang diperoleh Starlink.

Sebagai catatan, layanan ini menyediakan lebih dari 200 unit sinyal internet ke Indonesia. Agung mengatakan Starlink harus mengenakan biaya berdasarkan jumlah satelit yang digunakan untuk keperluan domestik.

Oleh karena itu, Agung menjelaskan perubahan tersebut akan meningkatkan PNBP negara. Selain itu, diharapkan dapat menciptakan lingkungan bisnis yang kompetitif.

Sebagai informasi, operator seluler harus mengajukan Izin Pita Radio BHP (IPFR). Perusahaan harus menanggung biaya negara sebesar Rp 21,1 triliun pada tahun 2023.

“Jika nanti disebar langsung ke jaringan seluler, pemerintah bisa menggunakan Starlink dari BHP IPFR sebagai operator jaringan seluler,” ujarnya. Tonton video di bawah ini: Video: KKP Upgrade Kapal Pengawas Penangkapan Ikan Canggih Menggunakan Starlink (Bm/Bm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *