Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Startup RI Ini Bisa Bantu Karyawan Kasbon, Pinjol Gak Laku?

Jakarta, CNBC Indonesia – Startup Indonesia PT Aio Kasbon Indonesia meluncurkan aplikasi layanan keuangan inovatif Aio Kasbon bersamaan dengan Hari Buruh di Jakarta pada Rabu (1/5/2024). Aplikasi Aio Kasbon bertujuan untuk memfasilitasi karyawan/karyawan/pekerja untuk mengambil gaji mereka lebih awal sebelum hari gajian.

Ari Gunawan, Direktur PT Aio Kasbon Indonesia, menjelaskan banyak informasi masyarakat bermasalah dengan platform pinjaman online (pinjol) ilegal dan/atau hiu. Berdasarkan permasalahan tersebut, PT Aio Kasbon Indonesia menciptakan inovasi Digital Kasbon khusus untuk karyawan/karyawan/pekerja.

“Kami bersyukur dengan perayaan Hari Buruh ini, kami dapat memperkenalkan aplikasi Aio Kasbon, sebuah layanan Digital Kasbon yang inovatif untuk karyawan, staf, dan pekerja. Proses pengajuan Kasbon dapat menjadi lebih mudah, aman, cepat dan fleksibel. Dengan aplikasi ini, karyawan dan pekerja dapat menarik sebagian gajinya terlebih dahulu sebelum hari gajian tanpa dikenakan bunga. Apalagi Ayo Kasbon bekerja dengan prinsip syariah,” kata Ari saat peluncuran aplikasi Ayo Kasbon di Jakarta. Kamis (5 Februari 2024).

Menurutnya, dengan model bisnis Aio Kasbon, pasar yang ingin dibidik adalah perusahaan industri/pabrik, perkantoran, outsourcing, dan PNS. Yuk, Kasbon juga bisa memfasilitasi perusahaan-perusahaan yang selama ini melakukan praktik manual Kasbon untuk go digital (dalam hal ini perusahaan tidak memungut biaya apapun).

Sedangkan gambaran penerapan jaminan tunai manual yang sedang berjalan, yakni karyawan mengisi formulir kemudian mendapatkan izin dari bagian sumber daya manusia (SDM). Jika disetujui, bagian HR akan meneruskannya ke bagian keuangan. Kemudian uang tunai dibayarkan secara tunai.

Kasbon sendiri merupakan dana yang diberikan perusahaan sebagai fasilitas bagi karyawan untuk mengambil sebagian gaji bulanannya lebih awal sebelum hari gajian.

Praktik digital cashbon (earned earnings access/EVA) yang diterapkan oleh pihak lain mempunyai bentuk yang berbeda-beda: ada yang menawarkan kepada Kasbon batasan hingga 90% gaji, ada pula yang hingga 2-3 kali lipat gaji dan reimbursement (pembayaran) Kasbon se membayar secara angsuran dan bunga dikumpulkan. Aio Kasbon berbeda dengan platform lain karena batas maksimum Kasbon dibatasi sekitar 30%-40% (tergantung kesepakatan dengan perusahaan yang memiliki karyawan) dan pembayarannya tidak dicicil dan tanpa bunga (hanya biaya tunai administrator saja yang dikenakan). dibebankan) .

“Intinya misi produk Aio Kasbon adalah mencegah pegawai/pegawai/pekerja/pekerja terjebak dalam pinjol dan/atau pengambilalihan ilegal.” Aio Kasbon membuka pendaftaran bagi perusahaan atau pabrik untuk menawarkan layanan digital kasbon kepada karyawan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website aiokasbon.com,” kata Ari.

Ari menyampaikan perbedaan aplikasi Aio Kasbon dengan Pinjol (pinjaman online tanpa agunan). Kasbon bukanlah pinjaman, melainkan hak (gaji) pegawai yang diambil sebelum tanggal pembayaran. Nominal penarikan dengan skema gaji proporsional, yakni maksimal 30%-40% dari total gaji pegawai. Tanpa bunga, denda atau biaya lainnya. Hanya dikenakan biaya administrasi. Pembayaran Kasbon langsung ke rekening karyawan yang didaftarkan oleh departemen HR. Kemudian gaji karyawan akan langsung dipotong pada saat dibayarkan (tidak ada mekanisme angsuran).

Sedangkan pinjaman adalah pinjaman dalam jumlah tertentu yang dikenakan biaya administrasi, bunga dan beban lainnya, serta biaya administrasi. Piñol juga berisiko mengalami kredit macet. Metode pembayaran pinjaman adalah cash on delivery. “Inilah perbedaan mendasar antara platform Aio Kasbon dan Pinyol. Skema cap kasbon didasarkan pada gaji yang proporsional, misalnya gaji Rp5 juta dan 20 hari kerja efektif per bulan, kemudian konversi gaji harian karyawan. Dan seterusnya 250.000 per hari dan batas tunai maksimal 30%. Apabila karyawan meminta uang tunai pada hari kerja ke-8, maka perhitungan tunai (Rp 250.000 x 8 x 30%) maksimal Rp 600 ribu. Karyawan dapat mengajukan permohonan cashbon lebih dari satu kali dalam sebulan, sepanjang batas uang tunai karyawan masih mencukupi.

PT Aio Kasbon Indonesia merupakan sister company dari PT Sarana Pasar Digital, perusahaan yang disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai penyelenggara agen keuangan dengan nama aplikasi ArtaKu. ArtaKu menghubungkan lembaga jasa keuangan (bank umum, BPR/BPRS, perusahaan multifinance dan lembaga keuangan lainnya) dengan masyarakat terdekat (radius) yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan atau sertifikat BPKB.

Sebagai sister company, ArtaKu dapat menjadi agen keuangan yang menghubungkan perusahaan yang membutuhkan “pembiayaan penyelamatan gaji” dengan pemberi pinjaman (LJK) untuk memfasilitasi pemberian jaminan tunai kepada karyawan melalui aplikasi Aio Kasbon. Layanan Aio Kasbon juga tersedia sebagai salah satu produk di aplikasi ArtaKu. Tonton video di bawah ini: Video: Tertarik pada Pinjaman Ekuitas Bisnis Palsu? Ambil langkah ini (aih/aih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *