Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Target Nol Emisi Karbon RI di 2060 Bisa Tercapai? Ini Kata Bappenas

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Direktur Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN / Bappenas) Suharso Monoarfa berharap tujuan Net Zero (NZE) di Indonesia pada tahun 2060 dapat tercapai.

Pertama, Suharso menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia telah mencapai tujuan NZE pada tahun 2050. Namun karena banyaknya pendapat, tujuan tersebut kemudian diundur ke tahun 2060.

Pada Senin, 6/10/2024, Suharso mengatakan, “Sebelum kita memasuki tahun 2050, masyarakat sudah mengeluh, mungkin tahun 2060. Tapi bisa juga tahun 2060 belum tiba.” .

Menurut Suharso, berdasarkan banyak kajian dan laporan yang dibacanya, perubahan iklim yang semakin berkembang menjadi permasalahan dalam upaya Indonesia mencapai Agenda 2060.

Ia mencontohkan tumbuhan yang ada, misalnya sulit melakukan fotosintesis atau menangkap karbon dioksida (CO2) dan melepaskan oksigen ke atmosfer. Di sisi lain, tumbuhan tersebut justru melakukan Fotorespirasi, yaitu pelepasan CO2 ke atmosfer.

Oleh karena itu, ketika kita pergi ke daerah tropis, ketika kita melihat angin di musim panas, kita merasakan datangnya angin dingin. Namun nyatanya angin tersebut adalah angin panas. Seperti yang kita lihat angin panas di Dubai, di musim panas. Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu.”

Sementara itu, peran migas dalam bauran energi Indonesia masih sangat besar. Sedangkan minyak bumi 30% dan gas alam 16%.

Menurutnya, pengembangan migas memerlukan inovasi. Dengan cara ini, Indonesia dapat menghasilkan lebih sedikit energi dari atmosfer.

“Dan terutama yang telah kita kembangkan selama ini adalah bahan bakar. Dan kita meningkatkan penggunaan gas alam di industri dan rumah tangga,” ujarnya. Simak video berikut: Video: Melalui biodiesel, RI akan turunkan emisi secara signifikan pada tahun 2060 (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *