Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Tari Rangkuk Alu di Google Doodle Hari Ini, Cek Sejarah dan Cara Main

JAKARTA, CNBC Indonesia – Halaman pencarian Google hari ini terlihat berbeda. Terdapat ilustrasi kaki menari di atas bambu.

Lalu mengapa Google merayakan tarian Rangkuk Alu?

FYI, Tari Rangkug Alu berawal dari permainan tradisional masyarakat Mangarai Flores. Dengan menyusun bambu dalam permainan maka akan banyak yang terbang.

Tasnya terlihat seperti batang bambu. Kemudian satu atau dua orang akan melompat-lompat dan menghindari jepitan bambu tersebut.

Jadi sambil melompat-lompat, pemain akan melakukan gerakan tarian. Itulah sebabnya permainan tersebut kemudian dikenal dengan nama Tari Rangkuk Alu, seperti dikutip Portal Kabupaten Paschim Mangarai, Senin (29/4/2024).

Gerak-gerak para penari dan pemain bambu dipadukan dengan irama musik dan lagu daerah sehingga terciptalah suatu bentuk seni yang unik yaitu tari Rangkuk Alu.

Dahulu, tarian ini sering dipentaskan setelah panen raya dan saat bulan purnama. Saat itu, para remaja berkumpul dan menghidupkan acara ini.

Dengan Google Doodle masa kini, masyarakat Indonesia diajak untuk mempelajari dan mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia yang beragam.

FYI, hari ini adalah Hari Tari Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 29 April. Nah, Google telah memilih tarian Rangkuk Alu untuk merayakannya.

Saya harap informasi ini membantu. Tonton videonya di bawah ini: Video: Pencucian uang kripto semakin ramai (hebat/hebat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *