Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Ragam

Terungkap! Alat Berat Ini Dipakai Warga China Gasak Tambang Emas RI

JAKARTA, CNBC Indonesia – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PPNS Bareskrim Polri berhasil membongkar aktivitas penambangan ilegal dengan menggunakan alat berat yang dioperasikan asing di kawasan pertambangan emas di Ketapang, Kalimantan Barat.

Sunindyo Suryo Herdadi, Direktur Teknik dan Lingkungan Hidup Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dietgen Minerba) Kementerian ESDM mengatakan, aktivitas penambangan ilegal itu dilakukan oleh YH, warga negara China di luar negeri (WNA).

Diketahui tersangka berinisial YH, warga negara RRC atau Republik Rakyat Tiongkok, melakukan aktivitas ilegal di TKP, ujarnya, dikutip Senin (13/5). . /2024).

Sunindyo mengatakan, alat-alat yang ditemukan pada penambangan liar antara lain peralatan penyadapan atau pelabelan, filter emas, cetakan emas, dan peleburan induksi.

Tak hanya itu, alat berat seperti bottom loader, dump truck elektrik juga banyak ditemukan.

Berdasarkan pengukuran surveyor yang berkompeten, diketahui total panjang progres lubang tambang adalah 1.648,3 meter dengan volume 4.467,2 meter kubik, tambahnya.

Sunindyo mengungkapkan, cara yang digunakan pelaku kejahatan dalam melakukan operasinya adalah dengan menggunakan lubang tambang atau terowongan di wilayah pertambangan berizin yang seharusnya dilindungi, namun malah dimanfaatkan untuk penambangan ilegal.

Hasil kejahatan dicuci lalu dikeluarkan dari terowongan lalu dijual sebagai logam atau emas, kata Sunindyo.

Setelah mengetahui adanya penambangan ilegal tersebut, Sunindyo mengungkapkan, tersangka sempat menyatakan dirinya menambang tanpa izin.

“Sesuai Pasal 158 UU Nomor 3 Tahun 2020, ancaman pidana penjara 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 miliar, dan perkaranya akan dikembangkan menjadi perkara pidana berdasarkan undang-undang selain UU Minerba,” ujarnya. . . .

Simak videonya di bawah ini: Video: Tertinggi 7 Bulan, Ini Penyebab Harga Nikel Naik (wia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *