Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Terungkap! Ternyata Begini Trik Apple Supaya iPhone Laku Setiap Tahun

JAKARTA, CNBC Indonesia – Aktivis perlindungan konsumen Inggris Justin Gutman membeberkan taktik Apple yang menjual iPhone ke konsumen Inggris setiap tahun. Hal ini dibuktikan dengan kemenangan pengadilan Justin atas nama hampir 4 juta pengguna iPhone di Inggris.

Apple disebut kalah dalam upayanya memblokir gugatan class action tersebut. Gugatan tersebut menuduh Apple menyembunyikan baterai yang rusak di jutaan iPhone.

Menurut Reuters, Gutman telah mengklaim ganti rugi dari Apple atas namanya hingga 1,6 miliar pound (Rp 30 triliun) dan 853 juta pound beserta bunga.

Pengacara pelapor berpendapat bahwa Apple menyembunyikan masalah baterai di beberapa model ponsel dengan “meminimalkan” pembaruan perangkat lunak dan memasang alat manajemen daya yang membatasi kinerja.

Namun, Apple mengatakan bahwa tuduhan pelapor tidak berdasar dan membantah keras bahwa baterai di iPhone rusak, kecuali beberapa model iPhone 6s yang ditawarkan penggantian baterai gratis.

Perusahaan mencoba membawa kasus ini ke pengadilan, namun Pengadilan Banding Kompetisi (CAT) mengatakan kasus Gutman dapat dilanjutkan ke keputusan tertulis.

Namun CAT mengatakan ada ketidakjelasan dan kekhususan dalam kasus Gutman, sehingga perlu diselesaikan sebelum persidangan.

Dia mengatakan persidangan Gutman mungkin memerlukan perubahan pada sistem keuangan setelah keputusan Mahkamah Agung pada bulan Juli menyatakan banyak transaksi semacam itu ilegal.

Gutman mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan tersebut merupakan langkah penting menuju penyelidikan publik.

Seorang juru bicara Apple mengutip pernyataan sebelumnya yang mengatakan, “Kami tidak pernah – dan tidak akan pernah – melakukan apa pun untuk memperpendek umur produk Apple, atau menurunkan pengalaman pengguna untuk menghadirkan inovasi kepada pelanggan.”

Konfirmasi Gutman atas kasus tersebut menambah jumlah tuntutan hukum class action yang saat ini tertunda di London. Keputusan ini mengikuti keputusan sebelumnya pada bulan Juli yang memberikan lampu hijau terhadap klaim terhadap bank-bank besar atas manipulasi mata uang asing.

Tonton video di bawah ini: Giant Tech Chief Kunjungi RI, Hilirisasi Digital Tumbuh? (ppg/ppg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *