Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Timnas Kian Dekat ke Piala Dunia 2026, Ini Kata STY dan Erick Thohir

Jakarta, CNBC Indonesia – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae Yong dan CEO PSSI Eric Thohir memuji penampilan Skuad Garuda pada laga final babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6). / 2024) pada malam hari.

Shin Tae-yong (STY) mengaku sangat senang dengan kemenangan timnya 2-0 melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Menurut sang ahli strategi, Asnavi Mangkualam dkk bekerja keras di tengah tantangan dan berhasil membawa kembali Timnas mengukir sejarah perjalanan sepak bola Indonesia.

“Hari ini terlihat mungkin ada tantangan mental bagi kami juga. Namun berkat kerja keras para pemain di lapangan, kami mencetak rekor baru dan akhirnya memasuki babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Piala,” kata STY, Rabu (12/6/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan, bersama para pemain tim Merah Putih, mereka akan kembali berjuang untuk meraih impian selanjutnya, yakni lolos ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Kanada.

“Saya akan berusaha mewujudkan impian saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini menjadi lebih baik dan berusaha sekuat tenaga [di babak ketiga],” tegas pelatih berusia 53 tahun itu.

Selain itu, Timnas Indonesia akan terus melanjutkan perjuangannya mencapai Piala Dunia 2026 dengan melewati babak kualifikasi ketiga. Dalam tur kali ini, Skuad Garuda berkesempatan menghadapi raksasa Asia lainnya seperti Australia, Jepang, Iran, Qatar, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Menyadari posisinya di antara pemain-pemain kuat yang akan dihadapinya di babak selanjutnya, pelatih yang akrab disapa STY itu menyatakan akan mempersiapkan timnas sebaik mungkin agar bisa memberikan hasil bagus demi masa depan sepak bola Indonesia.

“Sebenarnya kami berhasil lolos ke babak ketiga dan tidak ada pemain yang mudah bagi kami. Apalagi tim kami berada di peringkat 134. Jadi bisa dibilang kami tim yang lemah,” kata STI.

Sementara itu, Eric Tohir mengaku puas dengan penampilan Timnas Indonesia yang berhasil menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN) di babak ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Malam ini Timnas Indonesia mengukir sejarah dalam format baru FIFA. Kita lolos ke putaran ke-3 Piala Dunia 2026 dan juga lolos ke Piala Asia 2027 mendatang,” kata Eric.

Ini menjadi batu loncatan kesuksesan timnas Indonesia, doa dan dukungan seluruh pecinta sepak bola tanah air serta ridho Allah SWT. Alhamdulillah timnas bermain dengan semangat dan mentalitas yang kuat hingga saat ini. ,” dia melanjutkan.

Meski menjadi tim terkuat ASEAN zona Asia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan mengamankan tiket Piala Asia 2027, Eric Rizky meminta Ridho dan kawan-kawan tidak kecewa dengan prestasi mereka. Sebab tantangan ke depan dinilai sangat sulit.

“Akan ada ujian besar di babak selanjutnya. Tapi Insya Allah usaha kita yakin tidak akan berhasil. Bismillah, mari kita lihat timnas Indonesia berkibar keliling dunia,” kata Eric.

Sebagai informasi, SUGBK, Indonesia mengalahkan Filipina 2-0 pada final Grup F Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia 2, Selasa (6/11/2024). Berkat tambahan tiga poin tersebut, tim “Kyzyl-Ak” mengoleksi rekor 10 poin dari enam pertandingan, sukses mengamankan posisi kedua tabel turnamen, dan lolos ke babak ketiga.

Sedangkan dua gol Kevin Ray Mendoza dicetak Tom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-56.

Selain itu, sebanyak 18 tim dijamin mendapat satu tempat di babak ketiga, sambil menunggu hasil pengundian yang akan digelar pada Kamis (27/4/2024) di Kuala Lumpur, Malaysia. Nantinya, 18 grup ini akan dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing beranggotakan enam negara. Tonton video di bawah ini: Ketua Umum PSSI Eric Thohir mengucapkan selamat kepada timnas atas 23 tahun bersejarah (luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *