Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Tok, OCBC Indonesia (NISP) Selesai Akuisisi Bank Commonwealth

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP) hari ini mengumumkan bahwa akuisisi PT Bank Commonwealth (PTBC) telah selesai. Dengan demikian, 100% saham PTBC dimiliki sepenuhnya oleh OCBC mulai 1 Mei 2024.

Sebagai bagian dari OCBC, operasional bisnis PTBC akan tetap berjalan secara independen hingga proses merger dijadwalkan selesai paling lambat pada kuartal keempat tahun 2024. Layanan nasabah PTBC akan tetap berjalan seperti biasa melalui berbagai saluran dan produk perbankan, termasuk transaksi perbankan. di dahan pohon. dan saluran digital PTBC.

Dalam keterangan resminya, Parwati Surjaudaja, CEO OCBC mengatakan PTBC yang memiliki peringkat kredit tertinggi di Indonesia dan rekam jejak yang baik, memiliki basis pelanggan yang menarik dan saling melengkapi di sektor konsumen dan UKM (ritel).

“Rencana kami adalah menggunakan kemampuan kedua entitas untuk memperluas produk dan layanan OCBC di Indonesia, serta menciptakan peluang bagi pengembangan layanan keuangan di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (2/5/2024). .

Sebelumnya, dia mengatakan nilai kesepakatan pembelian PTBC dari OCBC Indonesia adalah Rp 2,2 triliun.

“Setelah proses akuisisi selesai, PTBC akan tetap beroperasi sebagai entitas independen sambil menunggu proses merger. Manajemen PTBC berkomitmen memastikan proses merger berjalan lancar dengan tetap memberikan layanan perbankan berkualitas tinggi kepada nasabah. Selain itu, operasional bisnis akan tetap berjalan seperti biasa,” tambah Lauren Sulistiawati, CEO PTBC.

Seperti diketahui, OCBC Indonesia telah menandatangani perjanjian jual beli (SPA) dengan Commonwealth Bank of Australia (CBA) untuk membeli 99,00% saham unit bisnisnya di Indonesia, PTBC.

OCBC Indonesia berencana mengakuisisi sisa 1,00% saham PTBC dari pemegang saham lainnya. Rencana akuisisi ini memerlukan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rapat Umum Pemegang Saham (GA) dan pemenuhan persyaratan lainnya. Setelah akuisisi selesai, PTBC akan diintegrasikan ke dalam OCBC Indonesia.

Tonton video di bawah ini: Video: Market Maker Ungkap Wawasan Dibalik Runtuhnya Saham Bank Berkapitalisasi Besar (fsd/fsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *