Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Tumbuh 14,43%, Jasa Marga Raup Laba Bersih Rp585 Miliar

JAKARTA, CNBC Indonesia – PT Jasa Marg (Persero) Tbk (JSMR) merilis kinerja kuartal I 2024. Kinerja positif tercermin dari perseroan yang mampu membukukan laba bersih sebesar Rp 585,92 miliar.

Laba bersih mencapai pertumbuhan year-on-year sebesar 14,43%/YoY dan realisasi EBITDA masih terjaga di angka Rp 2,75 triliun. Angka tersebut lebih baik dibandingkan triwulan I tahun 2023 yang mencapai 65,30% pada saat beroperasinya ruas tol baru.

Kinerja positif perseroan tercermin dari pencapaian pendapatan operasional sebesar Rp4,21 triliun atau tumbuh 24,35% dibandingkan kuartal I 2023, kata Sekretaris dan CEO Jasa Marg Group Nixon Sitoras.

Pendapatan usaha perseroan senilai Rp3,92 triliun disumbang oleh pendapatan tol dan pendapatan usaha lainnya sebesar Rp293,88 miliar.

Kuatnya unit tol ini tidak lepas dari posisi perseroan sebagai market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang beroperasi sepanjang 1.264 km atau mewakili 47% dari seluruh jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia. Total konsesi tol yang dijalankan perseroan mencapai 1.736 km.

Terkait pengoperasian jalan tol baru, pada awal Januari 2024, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pamulang-Sinere-Raya Bogor yang meliputi Jalan Tol Serpong-Sinere Seksi 2 Pamulang-Sinere Seksi 3.64 . km sepanjang dioperasikan oleh PT Cinere Serpong Jaya yang merupakan bagian dari grup usaha Jasa Marg Group.

Dalam mengelola proyek tol baru, perseroan berkomitmen mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebaik mungkin, dengan tetap melakukan pengendalian terhadap kegiatan pembangunan tol secara bertahap. Saat ini perseroan mempunyai beberapa proyek yang sedang berjalan yaitu Tol Probolinggo-Banyuwangi, Tol Yogyakarta-Bawen, Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, Tol Jakarta-Sikampek II Selatan, dan Tol Akses Patimban.

Riset CNBC Indonesia

Simak video di bawah ini: Video: Jelang Mudik, Saham Manakah yang Diuntungkan? (rubah/rubah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *