Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Turis China Tewas Jatuh ke Kawah Ijen, Sandiaga Uno Buka Suara

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pariwisata dan Perencanaan Perekonomian (Menparekraf), Sandiaga Uno angkat bicara soal turis asing (wisman) asal China yang tewas setelah terjatuh ke ngarai di Taman Wisata Kawah Ijen (TWA), di Jawa Timur, Sabtu lalu (20/4/2024).

Sandi mengatakan, pihaknya turut berduka atas kecelakaan yang menimpa turis asal Tiongkok berhuruf HL (31) tersebut dan menegaskan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Teknologi akan memberikan sanksi kepada pengelola Taman Wisata Kawah Ijen.

“Ini persoalan keamanan yang harus kita prioritaskan, kita prioritaskan. Kami sangat prihatin dan akan mengajukan permintaan yang kuat agar hal ini tidak terjadi lagi,” ujarnya dalam konferensi pers ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’. , pada Senin (22/4/2024).

Sandi mengatakan Kawah Ijen merupakan spot favorit wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak mengutamakan keselamatan perjalanan.

Sandi Kronologi Turis Tiongkok Jatuh di Kawah Ijen mengatakan: “Matahari terbit Kawah Ijen merupakan tempat yang sangat digemari. Jadi tolong utamakan keselamatan, agar wisatawan terpandu, dan pastikan mengikuti aturan.”

Berdasarkan pemberitaan CNN Indonesia, HL mengunjungi Kawah Ijen bersama suami dan teman-temannya untuk menyaksikan matahari terbit. Menurut pimpinan ekspedisi Guswanto, rombongan sampai di Kawah Ijen sekitar pukul 02.10 WIB setelah meninggalkan Paltuding.

Menurut Guswanto, korban baru pertama kali mengambil foto pada jarak dua atau tiga meter dari tepi lubang. Setelah itu, dia kembali ke tempat dia mulai mengambil gambar di samping pepohonan di belakangnya.

Namun saat berbalik, kaki korban tersangkut gaun panjang yang dikenakannya sehingga membuatnya berputar dan terjatuh ke dalam lubang. Kawah tempat HL jatuh memiliki kedalaman sekitar 100 meter.

“Saya langsung lari ke Paltuding untuk meminta pertolongan,” kata Guswanto. Tonton videonya di bawah ini: Video: Timnas mengorganisir banyak pemain di dunia crazy rich (rns/rns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *