Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

Waduh! Banyak UMKM Boncos Gara-Gara Tergiur Bisnis Franchise

JAKARTA, CNBC Indonesia – Literasi keuangan masih menjadi tantangan yang dihadapi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Padahal, UMKM perlu memahami permasalahan keuangan untuk mengukur pertumbuhan usaha dan menghindari kerugian usaha.

CEO Kasilusi Deriansha Azhari menjelaskan, saat ini banyak UKM yang masih ditipu oleh oknum pewaralaba karena tidak paham keuangan. Hal ini terjadi ketika UMKM tergiur dengan keuntungan melimpah yang ditawarkan bisnis waralaba.

“Kalaupun buka cabang, cek matriksnya, untung atau masih untung? Karena cash flow itu masalah uang masuk cepat lalu keluar dalam jangka waktu lama,” jelasnya dalam CNBC Indonesia Ramadanomics 2024. Rabu (3/4/2024).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan formula ekonomi yang baik bagi pelaku usaha adalah ketika ada untung dan rugi, kemudian ada defisit, dan ada untung. Menurut dia, formula tersebut ditemukan dari sudut pandang ekonomi.

“Jadi tidak ada gunanya untung kalau defisit. Mending rugi tapi untung. Sesederhana itu. Lagi pula kalau sudah untung ya untung,” kata Deriansha.

Simak videonya di bawah ini: Video: Keuntungan Bisnis Kopi Asli Indonesia (Rah/Rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *