Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Wow! 5 Tahun Lagi RI Bisa Jadi Raja Nikel Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia – Senior Vice President Macquarie Group Dony Setiadi yakin Indonesia bisa menjadi raja nikel dunia, mengingat cadangan nikel Indonesia kini melimpah.

Dikatakannya, Indonesia akan menyumbang 55% pasokan nikel global pada tahun 2023. Sebab, komoditas ini sangat penting dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik (EV) global.

Karena itu, dia memperkirakan pada tahun 2029, Indonesia bisa memiliki 75-85% pasokan nikel dunia.

“Kalau kita lihat MIND ID, sumbernya banyak. Perkiraannya pada tahun 2029, Indonesia akan memasok 75% hingga 85% nikel. Ini sangat penting bagi ekosistem EV global,” kata Dhoni dalam acara MINDialogue CNBC Indonesia di Jakarta, Kamis (20/06/2024).

Sebelumnya, Direktur MIND ID Hendi Prio Santoso mengungkapkan Indonesia akan menentukan harga mineral penting dan strategis global seperti nikel, timah, dan batu bara.

Pasalnya, Indonesia memiliki potensi dan sumber daya yang besar dalam pengelolaan mineral strategis dan penting di dunia.

Hendi mengatakan cadangan nikel Indonesia mencakup 60% dunia mengacu pada industri kendaraan listrik global.

Selain itu, turunan nikel seperti kobalt juga berperan penting dalam rantai pasokan global. Apalagi Indonesia memiliki cadangan bauksit dan aluminium yang besar, yang akan berperan penting dalam industri mobil listrik di masa depan.

“Indonesia berperan penting dalam masa depan industri kendaraan listrik. Pasarnya menguasai 60% rantai pasokan global,” kata Hendy.

Tonton video di bawah ini: Pendekatan Indonesia terhadap rantai pasokan mineral penting global (dpu/dpu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *