Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Entrepreneur

3 Aplikasi AI Pembuat Gambar Telanjang Ada di iPhone, Apple Bertindak

JAKARTA, Indonesia – Apple mengumumkan telah menghapus tiga aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan dari App Store. Semua aplikasi menyediakan foto telanjang orang lain.

404 Media melaporkan bahwa beberapa aplikasi ini dapat menghasilkan gambar telanjang. Namun seluruh gambar itu diambil tanpa izin orang tersebut, Senin (29/4/2024).

Beberapa fitur aplikasi ini termasuk menukar wajah seseorang dengan gambar porno. Ada juga aplikasi yang dipasarkan sebagai “Pakaian” yang pada dasarnya menghilangkan pakaian dari subjek foto.

Setelah laporan tersebut terungkap, Apple bergerak cepat untuk menghapusnya. Langkah ini jauh lebih baik dibandingkan kebijakan perusahaan saat ini.

Pada awalnya, Apple tidak dapat memblokir aplikasi. Karena mereka memiliki aturan peninjauan toko aplikasi, setiap aplikasi harus ditinjau oleh pihak ketiga.

Aplikasi serupa juga telah dihapus dari Google Play Store. Begitu pula dengan Meta yang disebut-sebut sedang mempromosikan aplikasi tersebut di Instagram.

Aplikasi ini telah dilaporkan sejak 2022. Namun baik Apple maupun Google, yang telah diperingatkan tentang masalah tersebut, menolak untuk menghapusnya.

Kedua perusahaan hanya memperingatkan agar tidak mengiklankan aplikasi tersebut di situs dewasa. Aplikasi tersebut pada akhirnya akan berakhir di App Store.

Namun, salah satu aplikasi ini akan terus dipublikasikan di situs dewasa hingga tahun 2024. Pada saat itu, aplikasi tersebut akan dihapus dari Play Store. Simak videonya di bawah ini: Giant Wawancara Bos Teknologi RI, Hilirisasi Digital Makin Maju? (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *