3 Kalimat Simpel ini Bisa Bikin Kamu Terlihat Pintar Saat Ngobrol

Jakarta, CNBC Indonesia – Bukan hanya soal IQ, kecerdasan seseorang bisa dilihat dari kalimat yang diucapkannya. Entah sedang berdiskusi atau sekedar ngobrol.

Orang pintar dianggap percaya diri dan kreatif. Sering menggunakan kata dan frasa yang rumit untuk mengajukan pertanyaan kepada orang lain atau terdengar lebih berpengetahuan agar terlihat cerdas. Hal ini tentu saja mempengaruhi lawan bicaranya. Berikut beberapa kata yang bisa Anda gunakan untuk menilai seseorang pintar atau tidak: 1. ‘Bisakah Anda ceritakan lebih banyak tentang itu?’

Menurut CNBC, hal yang tidak boleh langsung Anda lakukan ketika ada orang yang curhat kepada Anda, terutama tentang sesuatu yang sensitif dan penting, adalah pendapat pribadi Anda.

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi menanyakan pertanyaan-pertanyaan tertentu yang membuat mereka merasa didengar dan diterima oleh lawan bicaranya. Penulis Cathy dan Ross Petras meluruskannya, CNBC menulis, “Orang yang merasa tidak aman hanya peduli pada pikiran dan pendapatnya sendiri. Namun orang yang cerdas secara emosional tertarik pada perasaan orang lain dan apa yang mereka katakan.”

‘Bisakah Anda ceritakan lebih banyak tentang hal itu?’ Ungkapan seperti ini akan mendorong lawan bicara Anda untuk mengatakan lebih banyak tentang apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka rasakan. Setelah Anda mengetahui apa yang mereka rasakan, Anda dapat mencoba menempatkan diri Anda pada posisi mereka.

2. ‘Saya pikir…’

Menurut pelatih pidato dan jurnalis John Bowe, ketika seseorang menceritakan suatu masalah kepada Anda, jangan langsung menjawab dengan kalimat “itu masalah”. Ungkapan ini dianggap terlalu menyinggung dan kasar.

Akan jauh lebih baik jika komentar-komentar lancang tersebut dihilangkan dengan menggantinya dengan frasa seperti “Saya pikir…” atau “Saya pikir…”. Ungkapan ini tidak hanya membuat Anda terlihat pintar, tetapi juga membuat Anda terlihat memiliki kecerdasan emosional.

3. ‘Bisakah Anda memberi saya nasihat?’

Mendapatkan nasihat saja membuat Anda lebih pintar. Karena ketika kamu meminta nasehat kepada orang pintar, mereka tahu harus meminta nasehat kepada siapa, sehingga mereka menganggap kamu pintar juga.

Penulis buku terlaris Joan Lipman menyarankan Anda untuk tidak takut mendekati orang lain dan meminta nasihat mereka. Setelah memulai pembicaraan, Anda bisa mengajukan pertanyaan lanjutan terkait apa yang disampaikan tadi, yang bisa menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan dan tertarik. Cerita lengkap >>> Klik di sini Saksikan video di bawah ini: Video: Simak racikan beauty shop yang menjadi wewangian di RI (miq/miq)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours