Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

3 Surat Al-Quran yang Dianjurkan Dibaca saat Bulan Ramadan

Jakarta, CNBC Indonesia – Di antara sekian banyak surat dan ayat dalam Al-Qur’an, ada yang memiliki keutamaan khusus untuk dibaca saat Ramadhan.

Ayat-ayat Alquran yang cocok dibaca saat Ramadhan tentunya bisa dibaca saat tadarus atau sholat wajib dan sunnah.

Menurut NU Online dan beberapa sumber lainnya, ayat Al-Baqarah 185 boleh dibaca karena maknanya yang baik terkait keagungan puasa Ramadhan.

Surat pertama yang bisa Anda baca adalah Al-Baqarah ayat 185 yang menganjurkan puasa dan peringatan kematian.

شَهْرُ رَمORDضَان melalui الَّذِيْٓ انْزِلَ ف على َهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْي pasăصُم ْ و كصُمْ و و تُ Timur ْ وAR;

Latin: Syahru ramadaanallazii unzila fiihil-qur’aanu hudal lin-naasi wa bayyiinaatim minal-khudaa wal-furkaan, fa man syahida mingkumusy-syahran falyasum, wa man kaana mariidan au’alaa safarin fa’iddatum min yamin yu’alaa safarin fa’ iddatum min yaamin yurkummullahu biikulauiullahu. usra wa litulmilul’iddata wa litukabbirullaaha’alaa maa hadaaakum wa la’allakum tasykurun.

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an dan penjelasan petunjuk kepada umat manusia serta pembedaan antara yang baik dan yang jahat. Maka siapapun di antara kamu yang berada pada bulan itu hendaknya berpuasa. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan, jika ia tidak berpuasa, maka ia harus mengqadha hari-hari yang terlewat pada hari-hari yang lain.”

“Allah menghendaki ketenangan bagimu dan tidak menghendaki kesusahan bagimu. Hendaklah kamu mencukupi rezekimu dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya, agar kamu bersyukur. (Al-Baqarah ayat 2:185).”

Surat Al-Baqarah ayat 286

Al-Qur’an yang cocok dibaca saat Ramadhan berisi pembicaraan tentang pengampunan dosa karena keutamaan Ramadhan adalah bulan pengampunan.

لَا يُكَلِفُ اللَّهُ نَفْسْنَّسِينَآَ Alamat ۚ رَبُّ نَفْسْسِنَاَ Alamat ۚ َرَبَُّ ن َفْسْنَّسِينَآَ َلَى ٱلْقَمْ ِ ٱلْكفِرِينَٰ

La yukallifullahu nafsan illa wusaha, laha ma kasabat wa’alayha maqsabat, rabbana la tu akhizna in nasina au ahta na, rabbana wa la tahmil aleyna isran kama hamaltahu alalazina ming kablina, rabbana wa la tuhammilna walanata mala’, ‘fu anna, wagfir lana , perang hamna, anta maulana, fansurna ‘alal kaumil kafirin.

Artinya: “Allah membebani manusia hanya dengan keperkasaan-Nya saja. Ia diberi pahala atas kebaikan yang dilakukannya dan dihukum atas kejahatan yang dilakukannya.

“Ya Tuhan, jangan bebankan kami dengan beban yang berat seperti Engkau membebani orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, jangan memaksakan pada kami apa yang tidak dapat kami tanggung. Maafkan kami, maafkan kami, kasihanilah kami. Engkau adalah penolong kami, maka bantulah kami melawan orang-orang kafir.”

Salah satu ayat Alquran yang terbaik untuk dibaca di bulan Ramadhan adalah Surah Qadr. Surah yang terdiri dari 5 ayat ini memuat informasi yang sangat penting tentang malam Lailatul Qadr yang lebih baik dari seribu bulan.

ِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِوَمَآ اَدْرٰنٰهُ ََتَََُُُر ٰۤ ىَُُُر ٰۤىَيٕك هَا بِاِذْنِ رَبِّlihat ْرِ

Inna anzalnahu fi laylatil qadr, wa ma adraka ma laylatul qadr, laylatul-qadri khairum min alfi syahr, tanazzalul mala ikatu var ruhhu fiha bi izni rabbihim, min kulli amr, salamun hiya hatta malail fajr.

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Qadar, dan tahukah kamu apa itu malam kemuliaan? Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan, dan pada malam itu para malaikat dan ruh ( Jibril) turun dengan izin Tuhannya dan mengatur segala urusan malam itu.

Inilah tiga ayat Al-Qur’an yang cocok dibaca saat Ramadhan dan menunaikan shalat sehari-hari.

Dengan membaca Surat Al-Baqarah ayat 185 dan Surat Al-Qadr dan Al-Baqarah ayat 286 selama Ramadhan, kami memberikan tuntunan puasa yang sangat berharga, manfaat malam Lailatul Qadr, dan tips berpuasa. . Melalui ayat-ayat suci tersebut, kita dibimbing untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperdalam pemahaman agama, serta mempertebal keimanan dan ketakwaan. Simak videonya di bawah ini: Bos Asuransi Syariah Ungkap Prospek Menguntungkan dari EV Protection (Bos/Bos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *