7 Kebiasaan Nabi Muhammad SAW di Hari Raya Idul Fitri

JAKARTA, CNBC Indonesia – Idul Fitri 2024 bertepatan dengan berakhirnya puasa Ramadhan yang tetap membawa keceriaan bagi masyarakat yang merayakannya.

Datangnya hari raya Idul Fitri juga menjadi saat yang diperingati oleh Nabi Muhammad SAW.

Meski demikian, Allah SWT tetap mengingatkan kita untuk menunaikan kewajiban sebagai umat Islam dengan tetap sadar penuh terhadap lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Berikut beberapa hal yang biasa dilakukan Rasulullah saat Idul Fitri:

1. Makan sebelum shalat Idul Fitri

Makan sebelum salat Idul Fitri dijelaskan dalam kitab Muwatta Malik karangan Imam Malik bin Anas.

Dan

Artinya: “Yahya menceritakan kepadaku tentang hal itu atas wewenang Malik atas wewenang Ibnu Shihab yang menceritakan kepadaku al-Musayyab memerintahkan orang untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat shalat Idul Fitri. Menurut Malik orang tidak mengikuti hal ini. Amalan Idul Fitri al-Adha.”

Rasulullah SAW sendiri disebut-sebut menikmati makan tidak teratur selama beberapa hari menjelang salat Idul Fitri. Hadits tidak menyebutkan berapa hari Nabi SAW makan.

عن انسٍ qaitor مرجى بن رجاء حدّذني عبيد اللّه قال حدانن لى وتران.

Artinya: “Muhammad (SAW) tidak pernah shalat Idul Fitri sebelum makan beberapa hari. Anas juga mengatakan: Rasulullah SAW makan pada hari ganjil.” (HR Buhari).2. Berdandan terbaik saat Idul Fitri

Tindakan Rasulullah SAW ini dijelaskan dalam buku Fiqih Us-Sunnah: Sholat Superagatory karya As-Sayyid Sabiq yang mengutip tulisan Ibnu Al-Qayyim. Dokumennya menyebutkan bahwa pakaian tersebut hanya dipakai pada hari-hari lain.

“Rasulullah SAW pada masa itu biasa memakai pakaian mewah dan beliau mempunyai pakaian (pakaian) khusus yang hanya dikenakannya pada hari raya Idul Fitri dan Jum’at,” tulis Ibnu al-Qaim.

Ja’far Ibnu Muhammad menjelaskan bahwa pakaian ini merupakan pakaian negara Yaman. Tentu saja penting untuk memastikan bahwa pakaian khusus tidak bertentangan dengan ajaran Islam, seperti yang dijelaskan dalam hadits tentang larangan laki-laki memakai sutra.

له يلاق له لاق. فلك لاق meninggal, ثن النبي الله عليه بحلة الله فليه الله فليه فجيه بسينيه وقد قليت في مصلله ا rabi.

Artinya: Diriwayatkan oleh Abdullah: Umar melihat jubah sutra dijual kepada orang-orang dan membawanya kepada Rasulullah dan berkata, “Ya Rasulullah, belilah ini dan gunakan untuk menyambut tamumu”. Rasulullah (SAW) bersabda: “Sutra itu digunakan oleh orang-orang yang tidak mempunyai bagian pada Hari Akhir. Waktu berlalu hingga Rasulullah mengirimkan rumusan yang sama kepada Umar. Kemudian Umar membawa jas tersebut kepada Rasulullah (SAW) dan berkata, “Kamu mengirimiku ini dan kamu mengatakan sesuatu tentang hal ini, bagaimana pendapatmu?” Kemudian Rasulullah (SAW) berkata: “Aku mengutus kamu untuk mendapatkan uang dengan menjualnya.” Inilah sebabnya Umar tidak menyukai pakaian yang terbuat dari sutra. (HR Buhari).

3. Membayar Zakat Fitrah

Selain makan dan memakai pakaian bagus, Rasulullah biasa mengeluarkan zakat fitrah sebelum salat Idul Fitri. Amalan ini dijelaskan dalam kitab Bulugh Al-Maram.

وعن برن عبّاس رضي الله عنهما قال فرض ر سول الله ‏- هولى الفتر. Layanan Pelanggan, Layanan Pelanggan, Layanan Pelanggan, dan Layanan Pelanggan ة صلّد ماجه ححة الحاكم.

Artinya: Ibnu Abbas (RAA) berkata: “Rasulullah mengeluarkan zakat fitrah puasa Ramadhan untuk mensucikan diri dari perbuatan dan perkataan buruk serta memberi makan kepada orang-orang yang membutuhkan.” Disebut Zakat bagi orang yang membayarnya sebelum shalat Idul Fitri. Disebut Zakat bagi yang membayarnya setelah shalat Idul Fitri.” Sadaqah. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah dan benar adanya. 4. Membaca Surah Kaf dan Al-Qamar saat shalat.

Saat salat Idul Fitri, Rasulullah SAW biasa membacakan dua surah yang berbeda dalam setiap rakaat. Tradisi saat salat Idul Fitri dan Idul Adha ini dijelaskan dalam kitab Bulugh Al-Maram.

Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini يقر تفط قر تفط قربت وقر تعقوب وقر تعقي عليه وسلم. } اخرجه مسلم

Artinya: Abu Waqid al-Laithi (SAW) berkata, “Rasulullah membacakan surat Qaf dan al-Qamar pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR.Imam Muslim).

Salah satu manfaat Surat Kaf adalah pentingnya menjaga lidah, karena Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang dilakukan manusia. Perbuatan baik mendatangkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Sedangkan al-Qamar bercerita tentang orang-orang yang menolak ajakan Allah SWT untuk berdoa dan meminta bukti kebenaran ajaran tersebut. Siapa yang bertahan akan mendapat pahala dan siapa yang beriman pada kebenaran akan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Surat ini mengingatkan umat Islam untuk menjaga perilakunya meski di hari raya. Jangan biarkan tindakan, perkataan atau perilaku apapun menyakiti hati orang lain. Berjalan dengan rute berbeda ke dan dari rumah

Amalan saat salat Idul Fitri dan Idul Adha ini dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Jabir.

Facebook mencintai Tuhan

Artinya : Sebagaimana sabda Jabir (SAW): “Dalam shalat Idul Fitri dan Idul Adha, Rasulullah boleh berangkat dengan cara yang berbeda dengan saat pulang ke rumah. (HR Bukhari dan Muslim).

6. Menyenangkan

Idul Fitri yang menandai kembalinya umat manusia ke alam patut dirayakan. Nabi Muhammad (SAW) juga merayakannya tetapi tidak berlebihan.

عایشة, قلت علو قاول عاول أومقس عانت عاني عاني علك علك القدس عليه الله الله اللم ان كن dan itu

Artinya: Menurut Aisyah: Abu Bakar mengikutiku dan ada dua orang gadis Ansar bersamaku yang sedang bernyanyi tentang Hari Bu’at. Aisyah berkata, “Mereka bukan penyanyi.” Dan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu memiliki peralatan setan di rumahnya? Saat itu hari raya Idul Fitri dan Rasulullah SAW bersabda, “Abu Bakar, setiap orang mempunyai perayaan dan inilah perayaan kami.” (HR Ibnu Majah). Mengunjungi dan mengumpulkan pasien

Rasulullah SAW menerima tamu dan mengunjungi para sahabatnya saat Idul Fitri. Rasulullah SAW pun menjenguk orang sakit. Hadits menyebutkan bahwa surga dijanjikan bagi orang yang menjaga silaturahmi dan menjenguk orang sakit.

عن ابي حريرة قال قال رسول الله mengucapkan kata nadah مناد ان تبت و طاب.

Artinya: Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) bersabda: “Barangsiapa menjenguk orang sakit atau kerabatnya, maka dia akan memberkatimu dengan amal shaleh dan membuatmu hidup selamanya di surga.” (HR Tirmidzi).

Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama dan memberikan bantuan kepada orang sakit, terutama pada saat-saat khusus seperti Idul Fitri.

Tonton video di bawah ini: Bos asuransi syariah ungkap prospek keuntungan dari asuransi mobil listrik (luc/luc)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours