Ada Diskon Uang Pangkal Sekolah, Bayar atau “Bye?”

Jakarta, CNBC Indonesia – Menjelang tahun ajaran baru, banyak sekolah swasta yang memberikan diskon biaya pendaftaran (awal). Tak jarang, diskonnya bisa lebih dari 10% dari harga normal.

Tak heran jika biaya sekolah anak setiap tahunnya mengalami inflasi. Tak jarang para pakar keuangan menyebut kenaikan biaya pendidikan, khususnya biaya awal, mencapai 10 hingga 15% per tahun.

Lantas, bagaimana jika Anda sebagai orang tua ditawari potongan biaya pendaftaran awal namun sayangnya tabungan Anda tidak cukup untuk menutupinya. Haruskah Anda berhutang atau mengabaikan peluang yang satu ini? Berikut penjelasannya. Idealnya uang awal ada baiknya terlebih dahulu

Tidak hanya terdapat diskon finansial terkait biaya pendaftaran, manfaat lain dari mendaftarkan anak ke sekolah sejak dini adalah memastikan kehadiran siswa di sekolah.

Idealnya, jumlah ini harus dikumpulkan setidaknya dua bulan sebelum pendaftaran sekolah. Jika anak Anda mulai bersekolah pada tahun 2025, Anda harus memiliki cukup uang setidaknya selama 10 bulan untuk membayar biaya pendaftaran atau memanfaatkan tunjangan awal.

Jika anak Anda masuk sekolah tahun ini dan uangnya belum terkumpul, ada dua hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat sejak dini, yaitu gunakan uang yang ada untuk menabung dana darurat, atau jika tidak ada dana darurat, Anda dapat mengajukan permohonan bantuan keuangan. meminjamkan

Risiko meminjam tentu lebih besar dibandingkan menggunakan dana darurat. Namun, Anda tentu harus bisa memastikan bahwa meskipun uang tersebut digunakan untuk early bird, masih ada sisa untuk menutupi pengeluaran tak terduga lainnya.

Jika meminjam adalah sesuatu yang harus Anda lakukan, usahakan untuk melunasinya sesegera mungkin bulan depan dan hindari perubahan tagihan untuk pengeluaran tersebut seiring berjalannya waktu.

Alasan untuk menghindari hal tersebut adalah karena banyak biaya tersembunyi dalam pendidikan anak. Ketika Anda memutuskan untuk mengubah pinjaman menjadi cicilan, pengeluaran rutin Anda akan meningkat setiap bulannya.

Tonton videonya di bawah ini: Video: Wajib Tahu! Tips mengelola uang pendidikan tanpa beban (aak/aak)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours