Apple Kalah Jauh Cuma Rp 1,6 T, Microsoft Investasi Rp 27,6 T di RI

Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Microsoft Satya Nadella berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara hari ini, Selasa (30/4/2024).

Pertandingan hanya berlangsung selama 28 menit mulai pukul 08.25 WIB hingga 08.53 WIB.

Selain itu, Nadella menghadiri acara Microsoft Build: AI Day dan mengumumkan investasi sebesar US$1,7 miliar atau setara Rp27,6 triliun.

Nilai investasi ini merupakan nilai tertinggi Microsoft di Indonesia dalam 29 tahun terakhir.

Salah satu jenis investasinya adalah pembangunan infrastruktur dan pengembangan talenta digital AI di Indonesia.

Presiden Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan Jokowi meminta Microsoft mengembangkan kegiatan penelitian di Indonesia.

“Saya berbicara dengan Presiden tentang pengembangan sumber daya manusia dan pendirian pusat penelitian bersama antara Microsoft dan pemerintah Indonesia. Khususnya di bidang talenta digital di bidang AI.”

Pusat penelitian ditawarkan di beberapa lokasi. Di antaranya Bali dan Ibu Kota Negara Kepulauan (ICN). Microsoft juga diminta membantu pemerintah mengembangkan kota pintar di IKN.

Penggunaan AI kemudian akan menyebar ke berbagai industri. Salah satu isu yang dibicarakan dengan Jokowi adalah pengembangan teknologi pertanian untuk menjadikan Indonesia negara maju.

IDR Apple di Indonesia adalah 1,6T.

Sebelumnya, sekitar dua minggu lalu, CEO Apple Tim Cook berada di Indonesia untuk membahas investasi di Tanah Air.

Apple berniat berinvestasi total Rp 1,6 triliun dalam pembangunan pusat pelatihan Apple Developer Academy.

Sejauh ini, terdapat 3 Apple Developer Academies yang tersebar di beberapa kota seperti Batam, Tangsel, dan Surabaya dengan total nilai Rp 1,4 triliun.

Selain itu, Apple akan membuka pabrik baru di Bali dengan nilai investasi 1,6 triliun.

Presiden Jokowi juga menyampaikan harapannya terhadap investasi Apple lainnya di Indonesia. Hal ini mencakup pusat inovasi, membantu membangun kota pintar di IKN dan kemitraan bisnis dengan pemasok lokal untuk proses produksi iPhone. Tonton video di bawah ini: Bos raksasa teknologi berkunjung ke RI Apakah hilirisasi digital semakin berkembang? (luar biasa/luar biasa)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours