Belajar dari Michael Morgan: Bisnis Sejak Umur 13 Tahun, Cuan Rp16 M

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada persepsi bahwa jam terbang adalah hal terpenting dalam bisnis. Semakin cepat Anda memulai, bisnis Anda akan semakin dapat diandalkan.

Kasus ini terjadi pada perjalanan Michael Morgan. Ia merupakan seorang pedagang jam tangan asal Inggris yang memiliki pendapatan tahunan sebesar $10 juta atau Rp 160 miliar.

Masuknya Morgan ke dunia bisnis diawali dari hobinya mengoleksi barang antik. Pada usia 13 tahun, Morgan sudah sering mengoleksi barang antik, termasuk jam tangan.

Dia menggunakan tabungannya untuk membeli banyak jam tangan klasik. Jam tangan pertama yang dia beli adalah Rolex Submariner seharga $3.500.

Namun, di jalan ia dengan santainya menjual jam tangan Rolex yang dibelinya. Dia menjualnya seharga $5.500 dan dalam dua hari terjual seharga $5.200.

Dia juga mendapat untung $1.300. Sejak saat itu, ia yakin bahwa bisnis jam tangan antik bisa menjadi mesin penghasil uang dan memutuskan untuk bertahan di bisnis tersebut.

Selain itu, banyak pemburu kuno yang berpindah-pindah. Intinya, bisnis barang antik masih memiliki pasar.

Laporan pengusaha Morgan yang masih berusia 13 tahun ini mengaku kesulitan membagi waktunya antara sekolah dan bisnis. Oleh karena itu, ia berpindah-pindah melakukan bisnis di waktu luangnya.

Selama ini, dia melakukan transaksi secara sembunyi-sembunyi agar pembeli tidak mengetahui bahwa penjualnya adalah anak sekolah. Namun, Morgan mengakui bahwa jual beli jam tangan secara diam-diam bisa menghabiskan biaya hingga $50.000.

Tentu saja ini merupakan jumlah yang sangat besar bagi anak sekolah. Kehidupan bisnis inilah yang kemudian menjadikan bisnis lebih menyenangkan dibandingkan bersekolah.

Dia belajar di University of Southern California tetapi keluar karena dia tidak bisa membagi waktunya antara bisnis dan sekolah. Setelah itu, Morgan memutuskan mencari nafkah sebagai pemburu dan pedagang barang antik.

Ia mengaku kerap berkeliling dunia untuk membeli jam tangan klasik dan tak pernah bosan mencarinya. Sebab, semua itu bisa mendatangkan kepuasan karena Morgan bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan tersebut.

Dia pernah menjual Rolex Cosmograph Daytona Ref.6263 “Paul Newman” tahun 1970 kepada seorang kolektor terkemuka di Asia seharga $750.000. Website sang pengusaha menyebutkan, pria kini berusia 25 tahun itu telah sukses menjual ribuan jam tangan kepada pelanggan di seluruh dunia.

Bahkan, sejak tahun 2017 hingga saat ini, pendapatan pribadinya mencapai lebih dari $10 juta atau Rp 160 miliar. Sedangkan pendapatan kotor perseroan bisa mencapai $110 juta atau Rp 1,7 triliun per tahun.

Berdasarkan penampilan tersebut, Morgan menyampaikan pesan untuk mengubah sesuatu yang disukai menjadi sebuah bisnis. Karena ketika Anda memulai dengan sesuatu yang Anda sukai, Anda bebas melakukannya karena itu akan menyenangkan.

“Gunakan passionmu jika bisa menjadi bisnis. Hal ini membuat segala kerja keras menjalankan bisnis menjadi lebih menyenangkan,” ujarnya, Jumat (3/05/2024).

Simak video dibawah ini: Video: Keuntungan Usaha Kopi Asli Indonesia (mfa/sef)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours