Belajar dari Zaskia & Hanung, Nikah Modal Rp7,5 Juta pun Sah!

Jakarta, CNBC Indonesia – Artis Zaskia Adya Mecca baru-baru ini mengomentari budaya masyarakat Indonesia yang cenderung mengeluarkan uang dan meminjam uang untuk melangsungkan pernikahan mewah. Kabarnya, modal pernikahan pasangan kondang ini hanya 7,5 juta.

“Jadi mau tak mau aku berpikir kalau orang ingin menikah karena banyak uang, kalau ada yang menikah dengan publik figur, pasti banyak orang yang ingin melihat ‘wah, pria itu akan menikah, bagaimana pernikahannya?’ ? “(Makanya) sudah jadi patokan (biaya pernikahan ya? Saya mau jadi contoh ke orang lain kalau nikah dengan uang 7,5 juta dram saja sudah cukup,” kata Zaskia dalam video InsertLive.

Zaskia menjelaskan, uang 7,5 juta dirham yang dimaksud adalah biaya khalil, kebersihan masjid, dan makanan untuk beras.

Ia juga menambahkan, alasan mengapa pernikahan di Indonesia mahal dan rumit adalah karena budayanya. Sebenarnya, aturan syariat atau pernikahan secara agama tidaklah rumit.

“Padahal menikah dengan seseorang berarti memulai hidup baru dari awal, tapi kita perlu modal yang banyak,” lanjutnya.

Belajar dari Zaskia, memang benar modal pernikahan sebenarnya tidak membutuhkan banyak uang. Namun pesta dan upacara adat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Yang terpenting, setelah upacara pernikahan

Meski ada keinginan untuk menikah secara sederhana demi menjaga keuangan untuk masa depan, namun tuntutan keluarga mungkin akan memaksa seseorang untuk mengurungkan niat tersebut.

Penilaian wajar atau tidaknya biaya pernikahan tersebut tentu saja bergantung pada kemampuan finansial yang bersangkutan. Ketika ada yang ingin meminjam, jelas biaya pernikahannya terlalu mahal.

Sungguh tidak cerdas membiarkan tabungan Anda habis dan malah terlilit hutang setelah pesta yang berlangsung beberapa jam.

Betapapun mahalnya perayaan pernikahan, bagian terpenting dalam pernikahan adalah kehidupan setelah pesta. Seseorang akan memasuki fase kehidupan baru yang tentunya akan dihadapkan pada tantangan finansial baru.

Mereka yang tadinya mampu hidup hemat kini menghadapi tantangan untuk menghidupi dan membahagiakan keluarga. Hal ini tentu saja berdampak pada pengeluaran yang meningkat signifikan, ada rencana liburan keluarga, pembelian rumah, biaya pendidikan anak, dan lain-lain. Tonton videonya di bawah ini: Video. Pelajari tentang tarif CPR variabel dan tarif tetap (aak/aak)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours