Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Benarkah Gempa Garut M 6,2 Karena Megathrust? Ini Penjelasan BMKG

Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) buka suara terkait gempa Sabtu malam (28/4/2024) di Garut, Jawa Barat. Menurut Daryon, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, gempa tersebut bukanlah gempa kuat.

Dia menjelaskan, gempa berkekuatan 6,2 SR tersebut disebabkan oleh adanya patahan di Lempeng Indo-Australia.

“Ini bukti gempa M 6,2 di barat daya Jawa bukanlah gempa kuat (di zona kontak), melainkan akibat patahan lempeng Indo-Australia,” tulisnya. akun, dikutip Minggu (28 April 2024).

Gempa terjadi di lepas pantai 156 km barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dalam keterangan resminya, Daryono menjelaskan gempa terjadi satu kali saja hingga pukul 23.55 WIB.

Hingga pukul 23.55 WIB, pantauan BMKG menunjukkan adanya gempa tunggal berkekuatan magnitudo 3,1, jelas Daryono.

Jadi bagi mereka yang rumahnya rusak, rusak sebagian atau miring akibat gempa M6.2 di Jawa Barat. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak menempati lahan tersebut dulu dan berpesan agar tetap berada di tempat aman yang disediakan pemerintah setempat.

“Masyarakat terdampak gempa M6,2 di barat daya Jawa diimbau tetap tenang dan tidak terlalu khawatir. Kemungkinan terjadinya gempa signifikan sangat kecil,” kata Darsono.

Sementara itu, Daryono dalam keterangan resminya mengatakan, tidak ada bahaya gempa yang menimbulkan tsunami. Namun kejadian ini terasa di beberapa wilayah Pulau Jawa.

Kabarnya dirasakan di daerah seperti Sukabumi, Tasikmalaya, Jakarta, dan Tangerang. Gempa juga dirasakan di Bantul dan Sleman. Gempa ini melanda wilayah Sukabumi dan Tasikmalaya dengan intensitas MMI IV (dirasakan banyak orang di rumah) dan wilayah Bandung dan Garut dengan intensitas MMI III-IV yang dirasakan banyak orang di rumah pada siang hari, jelasnya.

Wilayah Tangerang, Tangsel, Bogor, DKI Jakarta, Kebumen, Banyumas, Silakap, Purwokerto dengan intensitas III MMI (Getarannya betah banget. Getarannya seperti truk lewat), Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, Malang “Intensitas II MMI (Getaran, Benda Lampu Gantung)” tambah Daryono Tonton video di bawah ini: Gempa Sabtu Malam Ini Dampaknya (pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *