BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi Guncang Bandung Hari Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Gempa bumi mengguncang Jawa Barat hari ini, Rabu (1/5/2024) pukul 10:06 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa berkekuatan M 4,2. Pusat gempa terletak pada koordinat 7,2 Lintang Selatan dan 107,57 Bujur Timur, atau tepatnya berada di permukaan tanah pada jarak 20 km Tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada kedalaman 4 km.

Dalam keterangan resminya, BMKG menyebut gempa ini termasuk tipe dangkal yang disebabkan oleh sesar Garut Selatan. Hasil analisis ini memperhitungkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

Selanjutnya dampak gempa tergambar dari peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Majalaya, Ciwidey, Banjaran,

Cibereum, Panlangen dan Garut dengan Skala Intensitas MMI III (Getaran terasa nyata di dalam rumah, getaran terasa seperti truk lewat), di Kecamatan Soreang. Bandung, Pasirwangi, Garut dengan Skala Intensitas MMI II (Getaran dirasakan sebagian orang, benda ringan bergelantungan dan bergoyang).

Namun sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

BMKG menunjukkan terdapat 2 aktivitas gempa susulan hingga pukul 10.28 WIB.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang tidak dapat dibenarkan kebenarannya, kata BMKG. Tonton video di bawah ini: CEO raksasa teknologi berkunjung ke RI, apakah hilirisasi digital semakin maju? (luar biasa/luar biasa)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours