Bos Teknologi Dunia Berlomba-lomba Investasi di RI, Ini Daftarnya!

JAKARTA, CNBC Indonesia – Beberapa CEO raksasa teknologi baru-baru ini mengunjungi Indonesia untuk membahas investasi di Tanah Air. Baru-baru ini, CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan hari ini (30 April 2024) bahwa ia bermaksud menginvestasikan $1,7 miliar (sekitar Rp 27,6 triliun).

Sebelum Microsoft, CEO Apple Tim Cook juga mengunjungi Indonesia dua minggu lalu untuk membahas investasi di negara tersebut.

Apple telah berkomitmen total investasi sebesar Rp 1,6 triliun untuk pembangunan Apple Developer Academy.

Berikut daftar lengkap raksasa teknologi yang ingin berinvestasi di Indonesia, seperti dirangkum CNBC Indonesia:

1.Microsoft

CEO Microsoft Satya Nadella mengumumkan investasi besar-besaran di Indonesia senilai $1,7 miliar atau setara 27,6 triliun rupiah. Pengumuman tersebut disampaikannya pada Microsoft Build: AI Day di JCC, Selasa (30/4/2024).

Selama empat tahun ke depan, investasi Microsoft akan digunakan untuk membangun infrastruktur cloud dan kecerdasan buatan baru di Indonesia.

Selain itu, perusahaan memberikan kesempatan pelatihan keterampilan AI bagi 840.000 penduduk dan mendukung komunitas pengembang nasional.

Menurut Nadella, ini merupakan investasi terbesar di Indonesia sepanjang 29 tahun sejarah Microsoft.

“Investasi yang kami umumkan hari ini, termasuk dukungan terhadap infrastruktur digital, keterampilan, dan pengembang, akan membantu Indonesia terus berkembang di era baru,” kata Nadella.

Investasi yang diumumkan hari ini akan memungkinkan Microsoft memenuhi permintaan layanan komputasi awan yang terus meningkat di Indonesia. Hal ini juga akan memungkinkan Indonesia untuk memanfaatkan peluang ekonomi dan efisiensi signifikan yang diciptakan oleh kecerdasan buatan (AI).

2. apel

CEO Apple Tim Cook mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya pada 17 April 2024 dan membahas investasi di negara tersebut.

Apple berkomitmen berinvestasi total Rp 1,6 triliun dalam pembangunan Apple Developer Academy.

Sejauh ini terdapat 3 Apple Developer Academies yang tersebar di beberapa kota yaitu Batam, Tangsel, dan Surabaya dengan nilai Rp 1,4 triliun.

Selain itu, Apple juga akan membuka fasilitas investasi baru di Bali sehingga nilai investasinya mencapai Rp 1,6 triliun.

CEO Jokowi juga menyampaikan harapannya terhadap investasi Apple lainnya di Indonesia. Hal ini mencakup pusat inovasi di IKN yang membantu membangun kota pintar dan kemitraan dalam bentuk penyelarasan bisnis dengan pemasok lokal selama proses produksi iPhone.

3.Nvidia

Nvidia dikabarkan akan berinvestasi di Indonesia dengan membangun pusat kecerdasan buatan (AI) senilai $200 juta (Rp 3 triliun) di Solo, Jawa Tengah.

Raksasa chipset Amerika ini bermitra dengan perusahaan telekomunikasi Indonesia PT Indosat Ooredoo Hutchison.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan pusat kecerdasan buatan tersebut akan terdiri dari infrastruktur telekomunikasi atau pusat sumber daya manusia dan akan berlokasi di Surakarta.

Budi mengatakan, CEO Indosat menyampaikan informasi rencana investasi tersebut kepada Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Race, yang juga merupakan Wakil Presiden Indonesia dan putra Presiden Joko Widodo.

“Kenapa Surakarta? Karena mereka siap, mereka punya sumber daya manusia dan infrastruktur 5G yang bagus,” ujarnya.

Steve Saerang, Wakil Presiden Senior Komunikasi Korporat, PT Indosat Tbk. atau Indosat Ooredoo Hutchison Indosat mengonfirmasi telah menjalin kemitraan strategis dengan Nvidia, pembuat chip AI terbesar di dunia.

Dijelaskannya, tujuan kerja sama ini adalah untuk mendukung pengembangan infrastruktur teknologi di Indonesia, serta melatih talenta-talenta digital di Indonesia dalam keterampilan kecerdasan buatan.

“Kemitraan strategis kami dengan NVIDIA tidak hanya akan mendorong pengembangan infrastruktur teknologi di Indonesia, tetapi juga mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik di masa depan,” kata Steve dalam keterangan yang diperoleh CNBC Indonesia.

Ia menyatakan Indosat ingin menjadi pionir pengembangan kecerdasan buatan terdepan di Indonesia, dan proyek Solo menjadi fokus utama perusahaan.

“Fokus utama kami adalah mengembangkan center of excel kecerdasan buatan di Surakarta (Solo),” kata Steve.

Budi Ari mengatakan, pihaknya sedang dalam proses meminta CEO Nvidia Jensen Huang datang ke Indonesia untuk mengumumkan investasinya dan bertemu langsung dengan Jokowi. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian waktu atau kejelasan mengenai rencana tersebut. Tonton video di bawah ini: CEO raksasa teknologi mengunjungi RI. Apakah hilirisasi digital lebih maju? (luar biasa/fantastis)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours