Bukti Penipu HP Android Makin Ganas, Awas Rekening Dikuras Habis!

JAKARTA, CNBC Indonesia – Penipuan internet terus terjadi di industri keuangan. Faktanya, tahun lalu, serangan Trojan mobile banking terhadap pengguna ponsel Android mencapai 32%.

“Uang selalu menjadi magnet bagi penjahat dunia maya, dan sebagian besar serangan malware bermotif finansial. Lonjakan malware seluler yang terjadi tahun lalu menyoroti tren kejahatan dunia maya yang mengkhawatirkan. Dengan munculnya malware baru dan canggih seiring dengan munculnya perangkat lunak, penyerang terus mengembangkan pakar keamanan Kaspersky Igor Golovin mengutip pernyataan resminya, Rabu (8/5/2024).

Kaspersky melaporkan bahwa Bian.H digunakan dalam sebagian besar serangan, terhitung 22% dari seluruh serangan. Tiga negara sasarannya adalah Afghanistan, Turkmenistan, dan Tajikistan.

Phishing terkait keuangan juga terus terjadi. Di antara mereka, pengguna individu mengalami jumlah serangan tertinggi, terhitung 30,68% dari total serangan, dan pengguna korporat mengalami 27,32% serangan.

Selain itu, upaya phising yang mengatasnamakan merek toko elektronik ternama juga banyak terjadi hingga mencapai 41,65%. Sementara itu, 16% penipuan terkait dengan aset kripto, dan 41,65% insiden phishing terkait dengan toko online atau elektronik.

Situs web yang paling umum adalah Amazon (34%), Apple (18,66%) dan Netflix (14,71%). Paypal adalah situs pembayaran yang sering menjadi sasaran kejahatan jenis ini, terhitung 54,73%.

Seiring meningkatnya penipuan, Igor mengingatkan kita untuk lebih waspada. Langkah-langkah perlindungan dan keamanan kemudian diperbarui.

“Hal ini menyoroti pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat dan dunia usaha, memperbarui langkah-langkah perlindungan dan memperkuat keamanan perangkat,” jelasnya.

Kaspersky juga memberikan langkah-langkah agar tidak menjadi korban. Salah satunya adalah memastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari toko resmi seperti Play Store dan App Store.

Jangan lupa untuk memeriksa izin yang digunakan dan jangan asal memberikan izin. Langkah terakhir adalah memperbarui sistem operasi dan aplikasi selama pembaruan masih tersedia. Tonton videonya di bawah ini: Video: Bukan di IKN, Internet Starlink masuk ke Bandung dulu (pub/pub)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours