Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Opini

Cara Supaya Orang Tak Bisa Chat WhatsApp ke Kita Tanpa Blokir

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemblokiran bukan satu-satunya cara untuk menghindari menghubungi nomor-nomor tertentu di WhatsApp. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pengiriman pesan terus-menerus.

Salah satunya adalah pengarsipan kontak. Fungsi pengarsipan akan memindahkan obrolan ke folder khusus.

Tak hanya itu, kontak tersebut juga akan dimute atau dibisukan. Artinya ketika ada pesan baru masuk, tidak akan ada notifikasi kecuali nama kita disebutkan dan kita membalas percakapan tersebut.

“Arsip WhatsApp memungkinkan Anda mengelola pesan pribadi dan memprioritaskan percakapan penting. Arsip percakapan akan tetap diarsipkan dan dibisukan, namun Anda masih dapat mengubahnya,” tulis WhatsApp di akun Twitter-nya.

Untuk menggunakannya, pilih kontak yang ingin Anda arsipkan. Lalu pilih Diarsipkan dan percakapan tersebut akan masuk ke folder dengan nama yang sama.

Selain mengarsipkan chat, Anda juga dapat mengubah kontak secara offline untuk menghindari chat dengan orang tertentu. Berikut beberapa caranya:

1. Matikan Terakhir Terlihat

Fitur terakhir terlihat adalah informasi tentang bagaimana kontak terakhir kali menggunakan WhatsApp. Anda dapat mematikannya jika ingin offline.

Anda dapat mengetuk ikon tiga titik untuk mematikannya. Kemudian pilih Pengaturan dan akun lain, klik Privasi, masuk ke menu Siapa yang dapat melihat informasi pribadi saya, klik Terakhir dilihat dan pilih Tidak Ada. Opsi ini untuk semua orang, kontak yang disimpan atau tidak.

2. Matikan Centang Biru

Centang biru merupakan tanda bahwa orang tersebut telah menerima pesan tersebut. Jadi Anda akan offline dan bisa membaca pesan tanpa diketahui dengan mematikannya. Berikut cara mematikannya: Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp Pilih Pengaturan Ketuk Akun > Privasi Geser tombol Baca Laporan atau Baca Tanda Terima. Centang biru sudah tidak aktif lagi.

3. Sembunyikan status

Cara lainnya adalah dengan menyembunyikan status atau hanya kontak tertentu saja yang bisa membacanya. Caranya masuk ke Pengaturan > Privasi > Status.

Kemudian pilih dengan siapa ingin berbagi status dari menu, ada “Kontak Saya”, “Kontak Saya kecuali…” dan “Bagikan hanya dengan…”. Pilih sesuai dengan yang Anda inginkan.

4. Ciptakan sebuah negara

Anda juga bisa membuat status untuk mengingatkan Anda bahwa Anda tidak ingin diganggu atau ingin mengirim pesan di waktu tertentu. Caranya buka menu ikon titik tiga > Pengaturan > Nama profil WhatsApp > Tentang, lalu klik ikon pensil dan tulis status untuk memberi tahu orang lain jika akun akan offline dalam jangka waktu tertentu. Terakhir, jangan lupa klik Simpan.

5. Matikan data latar belakang

Anda tetap akan menerima notifikasi jika WhatsApp berjalan di latar belakang. Jadi matikan data latar belakang untuk menghindari hal ini.

Namun cara ini hanya cocok untuk ponsel Android saja. Caranya masuk ke pengaturan lalu buka opsi data dan pilih matikan data latar belakang. Simak videonya di bawah ini: Video: Non-IKN, Internet Starlink Pertama di Bandung (dem/dem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *