CCTV Google Pantau Anda 24 Jam Full, Setop Pakai Cara Ini!

Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa teknologi Google terus memantau penggunanya. Salah satu kemungkinannya adalah konten iklan dapat muncul berdasarkan permintaan pengguna.

Menurut laporan, pelacakan Google masih dimungkinkan. Ini berfungsi meskipun pengguna telah menonaktifkan riwayat lokasi di layanan Google.

Seperti dikutip Cnet, Sabtu (24/4/2024), Anda bisa memblokirnya:

1. Buka Google.com dari browser desktop atau seluler Anda.

2. Masuk ke Akun Google Anda.

3. Masuk ke menu untuk mengelola Akun Google Anda.

4. Kemudian pilih Manajemen data dan personalisasi di menu Privasi dan personalisasi.

5. Akan muncul menu Event Management, lalu masuk ke Event Management Tools.

6. Anda kemudian akan melihat jendela Aktivitas Web & Aplikasi, geser tombol untuk menutupnya.

7. Dengan menonaktifkan pengaturan ini, Google akan menampilkan notifikasi untuk memastikan pengguna memahami apa yang dilakukan. Pilih Jeda.

Pengguna tidak akan melihat iklan dan rekomendasi yang relevan. Namun ingat, data simpanan Anda tidak akan hilang.

Cara ini menyimpan data setelah cara diatas dijalankan. Tidak berlaku untuk data yang disimpan sebelumnya.

Cara menghapus riwayat Internet

Anda juga dapat menghapus riwayat penelusuran Anda agar tidak terlacak lagi. ini dia:

1.Google Chrome

Untuk menghapus riwayat Anda di Google Chrome, ketuk menu akses tiga titik. Kemudian, pilih “Pengaturan” dan buka menu “Privasi & Keamanan” di sidebar.

Kemudian, pilih Hapus data penelusuran. Anda harus memilih periode waktu yang ingin Anda hapus dan klik tombol “Hapus data”.

Metode ini memengaruhi browser di perangkat lain yang terhubung melalui Akun Google. Riwayat pada perangkat juga akan terhapus.

2.Firefox

Cara pertama adalah mengakses menu dengan mengklik tiga garis horizontal di sebelah kanan. Kemudian pilih Pengaturan > Privasi & Keamanan dan buka Cookie & Data Situs.

Anda dapat menghapus semua data Anda dan mengelola data Anda untuk mengontrol apa yang dihapus. Selain itu, jika Anda tidak ingin melakukannya secara manual, pilih kotak centang Hapus data browser setiap kali Anda menutup Firefox.

3.Safari

Anda dapat menghapus riwayat Anda dengan membuka menu dan mengklik tombol “Hapus Riwayat”. Pilih periode waktu yang ingin Anda hapus datanya, lalu klik tombol “Hapus Riwayat”.

Saat Anda menghapus riwayat di Safari, Anda tidak memiliki opsi untuk menghapus berbagai jenis materi. Oleh karena itu, cookie dan file cache juga akan dihapus.

4.Microsoft Edge

Pengguna Windows 11 dapat menghapus riwayatnya dengan mengklik tiga titik di sebelah kanan. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul untuk melanjutkan.

Di menu Privasi, temukan “Hapus data browser” dan pilih apa yang ingin Anda hapus. Pilih dari daftar riwayat penelusuran dan cache. Terakhir klik “Bersihkan Sekarang”.

5. Opera

Langkah pertama adalah mengklik ikon “Pengaturan” di sebelah kanan bilah alamat. Pada menu yang muncul, gulir untuk menemukan “Privasi & Keamanan” di samping “Lihat profil”, lalu klik “Nonaktifkan”.

Selanjutnya, pilih jenis materi yang ingin Anda hapus, termasuk stempel waktunya. Setelah semuanya selesai, klik tombol “Hapus Data”. Tonton video di bawah ini: Apple, Meta, dan Google menyelidiki pelanggaran di Eropa (Fab/Fab)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours