China Respons ‘Genosida’ Baru Israel di Rafah, Desak Ini

JAKARTA, CNBC Indonesia – China mendesak Israel untuk mengakhiri serangan terhadap Rafah. Pernyataan itu muncul setelah tentara Israel mengumumkan bahwa mereka telah menguasai bagian Palestina di perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lin Jian mengatakan, “Tiongkok sangat mendesak Israel untuk menanggapi tuntutan utama komunitas internasional, menghentikan serangannya terhadap Rafah, dan melakukan segala kemungkinan untuk mencegah krisis kemanusiaan yang serius di Jalur Gaza. Perancis-Presse pada Selasa (7/5) /2024).

Tiongkok telah menyatakan keprihatinan besar atas rencana serangan militer darat Israel di Rafah. Perang dan kekerasan, menurut pemerintah, tidak dapat menyelesaikan masalah secara mendasar dan tidak dapat menghasilkan keamanan yang nyata.

Tiongkok bukan satu-satunya negara yang menuntut diakhirinya serangan Israel terhadap warga Palestina di Rafah. Amerika Serikat (AS), PBB, Organisasi Kesehatan Dunia dan banyak organisasi internasional lainnya mendesak Israel untuk tidak menyerang Rafah.

Namun menurut Presiden Israel Benjamin Netanyahu, operasi di sana penting bagi negaranya untuk memenangkan perang yang telah dimulai dengan Hamas. Faktanya, Netanyahu dan koalisi sayap kanannya mengatakan bahwa Israel akan menyerang Rafah dengan atau tanpa dukungan AS.

Diketahui, Israel menyerang Kota Rafah di Gaza pada Senin malam untuk memberikan tekanan kepada Hamas. Serangan itu terjadi menjelang perundingan di Mesir pada hari Selasa untuk mengakhiri proposal gencatan senjata yang didukung teroris.

Seorang koresponden AFP di kota itu melaporkan adanya pemboman besar-besaran semalam. Di sisi lain, sebuah rumah sakit di Kuwait menyebutkan 11 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangan Israel tersebut. Ini adalah genosida terhadap lebih dari 30.000 warga Palestina di Gaza. Dia adalah seorang pengacara Italia yang mendapat mandat dari PBB untuk melaporkan dan berkonsultasi mengenai kasus-kasus dan krisis khusus.

Tonton video di bawah ini: Video: Tiongkok mendesak Israel untuk mengakhiri serangan Rafah, mengatakan perang bukanlah solusi (Sef/Sef)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours