Daftar 20 Jajanan Terenak di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Street food atau dikenal juga dengan sebutan street food merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak digemari. Seringkali, camilan selalu menjadi pilihan untuk memuaskan rasa lapar atau untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Hampir setiap negara di dunia mempunyai masakannya masing-masing. Bahkan, beberapa di antaranya punya cerita di balik penciptaannya. Selain itu, setiap makanan memiliki cita rasa tersendiri dan mudah melekat dalam ingatan akan minuman tersebut.

Taste Atlas baru saja merilis daftar “100 Makanan Jalanan Terbaik di Dunia” pada tanggal 15 April 2024. Dalam daftar ini, Taste Atlas memeringkat setiap makanan penutup dari beberapa negara dan menjadikannya yang terbaik di dunia.

Siomay Indonesia resmi dinobatkan sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia. Hidangan yang umumnya terbuat dari ayam atau ikan ini berhasil mengalahkan Chinese Kuotie dan Mexican Tacos yang terkenal hingga ke seluruh dunia.

Kita tahu kalau Siomay merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang disantap dengan bumbu kacang. Síomay biasanya disajikan dengan telur, kentang, tahu, dan pare.

Dalam definisinya, Taste Atlas menyebutkan bahwa Siomay berasal dari kata Cina, Shumai dan diyakini berasal dari imigran Cina yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Tak hanya Siomay, Pempek klasik khas Palembang juga masuk dalam daftar Taste Atlas lima hidangan terlezat di dunia. Makanan pada baris keempat adalah dari ikan tenggiri yang diberi makan cuko.

Menurut Taste Atlas, keberadaan pempek berasal dari masyarakat Palembang pada zaman dahulu yang bosan dengan gorengan atau ikan bakar. Berawal dari membosankan, muncullah inovasi baru yaitu menggiling daging ikan dan mencampurkannya dengan tepung tapioka.

“Seiring berjalannya waktu, pempek telah diakui sebagai makanan yang patut diapresiasi dan kini dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia,” tulis Taste Atlas, dilansir Selasa (23/4/2024).

Selain makanan khas Indonesia, daftar 20 jajanan terbaik dunia didominasi oleh makanan Meksiko yang memiliki banyak jenis Taco.

Siomay (Indonesia)

Pastel de nata (Portugal)

Nilai (Tiongkok)

Pempek (Indonesia)

Taco (Meksiko)

Carnitas (Meksiko)

Banh Mi (Vietnam)

Pierogi (Polandia)

Carne Asada Taco (Meksiko)

Gringas (Meksiko)

Tacos al Agutan (Meksiko)

Esquites (Meksiko)

Cochinita pibil (Meksiko)

Roti Kanai (Malaysia)

Shengjian mantou (Tiongkok)

Batagor (Indonesia)

Antojitos (Meksiko)

Gubernur Tacos (Meksiko)

Amritsari kulcha (India)

Garantita (Aljazair) Tonton video di bawah ini: Video: Sekilas tentang perusahaan kecantikan terkemuka di Indonesia (rns/rns)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours