Doyan Makan Telur Bikin Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Jakarta, CNBC Indonesia – Tak sedikit yang menilai konsumsi telur bisa memicu kolesterol tinggi. bagaimana dia?

Perlu diketahui bahwa telur mengandung banyak nutrisi penting seperti selenium, fosfor, kolin, kalsium, seng dan vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, K;

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa sehat yang mengonsumsi satu hingga dua butir telur sehari memiliki kadar kolesterol normal dan tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung yang signifikan.

Menurut Heart Foundation, banyak kesalahpahaman tentang telur bermula dari fakta bahwa kuning telur mengandung kolesterol. Namun, telur jenuh dengan asam lemak, yang memiliki efek lebih besar pada kadar kolesterol darah, sedangkan kuning telur memiliki efek yang sangat kecil terhadap kolesterol tinggi.

Berdasarkan tinjauan cermat terhadap penelitian yang ada, bukti efek telur dalam menurunkan kolesterol masih bertentangan. Ini berarti diperlukan lebih banyak penelitian.

Jumlah telur yang aman dikonsumsi

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School menemukan bahwa makan satu butir telur sehari itu aman.

Selama beberapa dekade, ratusan ribu orang melaporkan apa yang mereka makan dan mengalami berbagai kondisi medis. Studi tersebut tidak menemukan tingkat serangan jantung, stroke, atau penyakit kardiovaskular lainnya yang lebih tinggi pada orang yang makan satu butir telur sehari.

Terakhir, telur aman dan sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, karena mereka biasanya mengonsumsi telur dengan makanan lain, penting untuk memperhitungkan jumlah kolesterol dalam produk tersebut

Ada beberapa cara untuk menurunkan kolesterol pada telur, antara lain dengan memasaknya, menggunakan jenis minyak yang baik, dan tidak memasak telur terlalu lama.

Merebus tidak meningkatkan kandungan lemak pada telur sehingga dinilai lebih baik dibandingkan menggoreng. Namun jangan memasak telur dengan suhu terlalu tinggi terlalu lama. Pasalnya, kolesterol dalam telur dapat teroksidasi dan membentuk campuran oksisterol jika dimasak terlalu lama dengan suhu tinggi.

Jika ingin mengonsumsi telur goreng, gunakan jenis lemak yang baik, seperti minyak zaitun, minyak alpukat, atau minyak bebas kolesterol. Tonton di bawah: Video: Carilah yang lebih cantik dan harum dalam campuran RI (hsy/hsy)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours