Induk Facebook Mau Bikin Android Baru Buat Pengganti iPhone

JAKARTA, CNBC Indonesia – Meta punya rencana besar untuk mengalahkan Apple. Induk Facebook akan membangun perangkat virtual reality atau VR dengan sistem operasinya.

Perangkat tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai perusahaan lain mulai dari Microsoft, Lenovo, dan Asus. Hasil kemitraan ini akan menempatkan Horizons mirip Google di sejumlah merek ponsel yang ada.

Horizon sendiri merupakan sistem operasi kaca pintar bernama Quest by Meta. Sistem operasi akan disediakan pada headset bermerek.

Tujuan CEO Meta Mark Zuckerberg adalah menciptakan ekosistem terbuka untuk perangkat VR. Menurutnya, Apple tidak melakukan hal tersebut pada Vision Pro.

Perangkat VR dengan ekosistem tertutup relatif mahal. Apple menjual Vision Pro seharga $3.500.

Ia juga mengakui bahwa langkah baru ini telah menciptakan persaingan yang setara di pasar ponsel pintar. Di pasar ponsel terjadi pertarungan antara iOS dan Android, sedangkan untuk VR cakrawalanya ada pada visionOS Apple.

“Di setiap era komputasi, selalu ada model tertutup dan terbuka. Di HP, Apple berhasil dengan model tertutup. HP dikontrol dengan ketat, membatasi apa yang boleh Anda lakukan. Itu tidak bisa dilakukan. Dengan begitu , kata Zuckerberg.

Dengan berkembangnya perangkat VR dan AR, kata dia, Meta bisa membuat app store sendiri. Zuckerberg mengatakan perusahaannya siap membuat smartphone dengan model terbuka melalui perangkatnya.

“Melalui Metatowers, Glass, dan headset, tujuan kami adalah menjadikan perangkat pintar sebagai industri modul terbuka sekali lagi,” kata Zuckerberg. Simak videonya di bawah ini: Video: Infinix Hot 40 Pro, Ponsel Gaming Murah yang Benar-Benar Tidak Lag? (luar biasa/luar biasa)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours