Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Kiamat Tukang, Robot Bisa Bangun Rumah Murah Cuma 80 Jam

JAKARTA, CNBC Indonesia – Perkembangan teknologi yang maju membuat aktivitas semakin efisien terutama dari segi waktu dan sumber daya manusia (SDM). Hingga saat ini, dibutuhkan waktu berbulan-bulan dan banyak pengrajin untuk membangun sebuah rumah.

Namun, ‘robot’ mutakhir yang ditemukan di Universitas Maine mampu membangun rumah dalam waktu 80 jam, kata Engadget, dikutip Jumat (26/4/2024).

Robot tersebut adalah printer 3D polimer raksasa yang disebut Factory of the Future 1.0 (FoF 1.0). Printer ini dapat mencetak objek hingga panjang 96 kaki, lebar 32 kaki, dan tinggi 18 kaki.

FoF 1.0 dapat mencetak bangunan dengan berat hingga 500 pon per jam. Kapasitas ini setara dengan kapasitas 3 tukang per jam.

FoF 1.0 juga dapat mengubah teknik pencetakan dinamis, sehingga metode produksi yang rumit dapat dilakukan.

Engadget menulis, teknologi printer ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan industri. Selain properti, ada juga pembangunan infrastruktur publik, serta peralatan militer.

“Sebagian besar bahan yang digunakan dapat didaur ulang. Jadi Anda dapat mengubah dan mengubah struktur bangunan sesuai keinginan,” kata Dr. Habib Dagher, direktur Pusat Struktur dan Komposit Lanjutan di Universitas Maine.

Printer lebih memilih bahan berbasis bio yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah sisa-sisa kayu.

Teknologi ini menjadi solusi membangun rumah dengan cepat dan terjangkau.

“Upaya ini dapat menciptakan perumahan murah karena biaya pembangunannya lebih terjangkau,” imbuhnya. Tonton video di bawah ini: Bos Raksasa Teknologi Kunjungi RI Apakah Hilirisasi Digital Semakin Maju? (lembut/lembut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *