Kunci Ekonomi RI Tumbuh 7%, 2 Sektor Ini Harus Jadi Fokus

Jakarta, CNBC Indonesia – Dana Moneter Internasional (IMF) menegaskan Indonesia memiliki potensi pertumbuhan lebih dari 5%. Menurut lembaga internasional, hal ini dapat dicapai dengan kebijakan struktural yang tepat.

Thomas Helbling, wakil direktur Departemen Asia-Pasifik IMF, mengatakan jika Indonesia menutup kesenjangan infrastruktur, menutup kesenjangan pendidikan, dan memperbaiki struktur pemerintahan, terdapat potensi pertumbuhan yang lebih besar bagi Indonesia.

“Pemerintah tentunya harus berperan penting dalam menutup kesenjangan infrastruktur dan pendidikan, serta mendorong reformasi pemerintah untuk meningkatkan belanja pendidikan,” ujarnya, Selasa (30 April 2024).

Infrastruktur, menurut Helbling, reformasi penting lainnya adalah reformasi pendapatan. Ia menemukan bahwa Indonesia memiliki rasio pajak sekitar 10%, yang sangat rendah dibandingkan dengan kebutuhan belanja struktural untuk pendidikan, infrastruktur, dan jaring pengaman sosial.

“Jadi kita melihat tindakan tegas dan reformasi pendapatan di mana IMF telah menetapkan opsi untuk reformasi pendapatan, yang merupakan hal paling penting bagi pemerintahan baru,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Departemen Asia-Pasifik IMF, Krishna Srinivasan mengatakan, sejauh ini Indonesia telah menorehkan prestasi ekonomi yang luar biasa. Menurut dia, pihaknya akan menunggu detail pemerintahan baru yang akan menjabat.

“Tetapi dari apa yang kami lihat, ada lebih banyak penekanan pada kebijakan keberlanjutan, dan ada pembicaraan tentang peningkatan belanja,” jelasnya.

“Jadi pertanyaannya adalah kita harus melihat secara detail bagaimana rencana keuangan itu berakhir dan secara umum bagaimana kita melihatnya ke depan,” ujarnya.

Tonton video di bawah ini: Microsoft investasikan Rp 27,6T di RI – Utang global hampir 100% PDB (HAA/HAA)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours