Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Lo Kheng Hong Buka-bukaan Penyebab Warga RI Miskin, Ternyata Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Lo Kheng Hong yang kerap disapa “Warren Buffet Indonesia” mengungkap kebiasaan yang menghalangi orang Indonesia menjadi kaya. Menyimpan uang di bank hanya akan mendorong nasabah secara bertahap ke dalam kemiskinan, katanya.

Faktanya, menabung di bank lambat laun membuat kita semakin miskin karena nilai uang kita semakin hari semakin berkurang, kata Lo Kheng Hong selaku pembicara pada Summit and Capital Market Expo (CMSE), belum lama ini.

Selain itu, Lo Kheng Hong juga memilih tidak membeli surat utang atau obligasi karena menurutnya tingkat bunga yang diterima tidak signifikan.

“Saya juga tidak membeli emas,” kata Lo Kheng Hong.

Lo Kheng Hong hanya tertarik membeli saham karena terbukti membuatnya kaya dan memiliki aset senilai ratusan miliar dong. Siapa sangka, ia meraup untung besar dari saham PT United Tractors Tbk (UNTR), baru kali ini ia meraup untung gila-gilaan dari investasi saham.

Ia membeberkan alasan utama mengapa ia memutuskan berinvestasi di saham, khususnya pasar saham Indonesia.

Lo Kheng Hong mengatakan: “Pasar saham Indonesia menawarkan return tertinggi di antara bursa-bursa besar dunia bagi investor jangka panjang. Terbukti! Saya sangat bersyukur bisa berada di sana”.

Selama ini, kata Lo Kheng Hong, hampir 99% masyarakat Indonesia tidak percaya bahwa investasi saham adalah pilihan terbaik. Masyarakat lebih memilih menginvestasikan uangnya di bank atau membeli real estate dibandingkan membeli saham.

Lo Kheng Hong adalah orang yang sangat detail dan bisa menghabiskan banyak waktu untuk membaca laporan keuangan. Upaya Lo dalam meneliti laporan keuangan menunjukkan bahwa ia tidak sembarangan dalam memilih saham untuk diinvestasikan. Perjalanan Lo Kheng Hong membeli saham hingga meraup untung besar.

Pada tahun 1998, Lo Kheng Hong membeli saham PT United Tractors Tbk (UNTR). Saat itu, pendapatan UNTR antara Rp2 triliun hingga Rp4 triliun. Laba usaha UNTR saat itu sekitar Rp 1 triliun. Namun laba bersihnya negatif Rp 1 triliun akibat kerugian nilai tukar.

Hal inilah yang menjadi motivasi awal kesuksesan Lo Kheng Hong sebagai investor saham. Kisah seperti ini terulang di babak lain.

Untuk saham PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), Anda membeli dengan harga Rp 1.000/saham. Kemudian dijual dengan harga rata-rata Rp 10.000/saham. Lewat saham INKP, Lo meraup keuntungan besar mulai dari Rp 35 miliar hingga Rp 350 miliar. Dan ini tercapai dalam waktu satu setengah tahun.

Artinya di saham UNTR, kemampuan analitis menjadi kunci kesuksesan Lo Kheng Hong. Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 5,900% pada saham UNTR dan 900% pada saham INKP.

Selain itu, Lo Kheng Hong juga dinilai sebagai orang yang sabar sebagai investor. Selain itu kelebihan Lo Kheng Hong sebagai investor saham adalah dapat mengendalikan emosinya. Simak video di bawah ini: Video: Saham-saham bank berkapitalisasi besar pertimbangkan IHSG, apakah layak dikaji? (hebat/hebat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *