Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Mau Keuangan Tetap Aman di Ramadhan Tahun Depan? Miliki Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap orang tentunya memiliki sejumlah pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap tahunnya, dan jangan menganggap remeh dampak biaya tersebut terhadap tabungan kita.

Pengeluaran seperti THR dan angpao untuk orang tercinta saat Hari Raya, premi asuransi, pajak kendaraan atau biaya keanggotaan perusahaan adalah contoh pengeluaran tahunan yang kami keluarkan setiap tahunnya.

Bayangkan jika keadaan keuangan kita tidak stabil. Besar kemungkinan THR atau bonus kita akan habis, atau bahkan tabungan darurat yang seharusnya kita simpan akan terpakai untuk menutupi pengeluaran tersebut.

Jika tabungan darurat saja tidak cukup, mungkin satu-satunya cara adalah berhutang.

Jika Anda ingin mengantisipasi situasi keuangan pasca Hari Raya tahun depan, sebaiknya mulai siapkan sink fund dari sekarang. Apa itu dana banjir dan bagaimana persiapannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah Apa itu dana banjir?

Tujuan dari sink fund adalah untuk memastikan bahwa dana darurat yang terkumpul tidak digunakan untuk pengeluaran tahunan tersebut. Begitu pula dengan tabungan terencana lainnya yang sudah lama Anda kumpulkan.

Dengan tabungan ini, dana darurat Anda akan tetap sama dan Anda tidak perlu khawatir jika ada kebutuhan mendesak. Juga Anda tidak berhutang uang kepada orang lain, jika Anda memiliki tabungan ini, bagaimana Anda punya uang untuk ditenggelamkan? Buatlah daftar pengeluaran tahunan Anda.

Buatlah daftar rinci semua pengeluaran yang Anda bayarkan setiap tahun.

Kemudian ingatlah untuk menjumlahkan seluruh pengeluaran Anda untuk mengetahui total kebutuhan sinking fund Anda dalam 1 tahun.2. Ketahui jumlah nominal yang harus ditabung ke sink fund setiap bulannya

Setelah mengetahui total pengeluaran tahunan Anda, Anda bisa langsung membaginya dengan 12 untuk mengetahui berapa banyak yang perlu Anda sisihkan setiap bulannya untuk menabung.

Misalkan saja akan ada total biaya tambahan sebesar Rp 10 juta setiap tahunnya. Jadi Anda bisa mengalokasikan Rp 840 ribu setiap bulan dan menabung Rp 10 juta setiap tahunnya.

3. Simpan uang untuk dana menyelam mulai sekarang

Mulailah memasukkan uang ke dalam rekening tabungan atau sarana investasi seperti reksa dana pasar uang setiap bulan untuk meningkatkan tabungan Anda menjadi dana selam.

Gunakan instrumen keuangan seperti tabungan bank atau volatilitas rendah untuk mengumpulkan dana.

Hindari menenggelamkan dana pada instrumen yang sangat fluktuatif atau emas, karena dana pelunasan adalah tabungan jangka pendek.

Jika Anda memiliki reksa dana, emas, atau instrumen lain yang mencatatkan keuntungan variabel, maka Anda dapat memilih beberapa di antaranya dan menyimpan dana tersebut untuk disimpan di dana tersebut pada tahun 2025.

Pastikan saja bahwa investasi yang Anda lakukan bukan investasi yang Anda tetapkan untuk tujuan keuangan jangka panjang. Tonton videonya di bawah ini: Video: Agar perjalanan pulang tidak over budget, harap disimak petunjuknya! (aak / aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *