Mengenal Met Gala: Acara Amal hingga Ajang Pamer Fesyen Unik

JAKARTA, CNBC Indonesia – Salah satu ajang terbesar dan bergengsi di dunia fashion, Met Gala, kembali digelar pada Senin (6/5/2024) waktu Amerika Serikat (AS). Para selebriti papan atas yang hadir dalam acara tersebut berlomba-lomba berdandan dengan outfit termewah dan eksklusif sesuai tema yang ditetapkan.

Kali ini, tema fesyen atau dress code untuk acara yang digelar di Metropolitan Museum of Art New York ini diberi nama “The Garden of Time”. Temanya diambil dari tahun 1962. Cerita pendek penulis Inggris JG Ballard dengan nama yang sama. Sebenarnya apa itu Met Gala dan bagaimana sejarahnya?

Menurut majalah Time, Met Gala adalah acara amal mode terbesar di dunia dan berlangsung pada hari Senin pertama setiap bulan Mei. Tujuan penggalangan dana Met Gala adalah Costume Institute di Metropolitan Museum of Art.

Sekadar informasi, Costume Institute merupakan lembaga independen yang didirikan pada tahun 1937. sebagai Museum Seni Kostum. Beberapa tahun setelah kematian salah satu pendirinya, Irene Lewisohn, pada tahun 1946, Museum of Costume Art bergabung dengan Metropolitan Museum of Art sehingga dikenal sebagai Costume Institute.

Selama bertahun-tahun, acara ini telah berkembang dari makan malam sosial di Manhattan menjadi karpet merah dan pesta kostum yang menampilkan bintang-bintang global.

Didirikan oleh Eleanor Lambert, Met Gala pertama kali diadakan pada tahun 1948. Desember. Saat itu, tamu makan malam ini harus membayar biaya tiket sebesar US$50.

Sama seperti tamu masa kini, tamu Met Gala awalnya harus datang dengan pakaian formal terbaiknya. Lantas bagaimana Met Gala bisa menjadi acara fashion bertema?

Menurut artikel tersebut, tema Met Gala dimulai pada tahun 1970-an, ketika tiga pemimpin redaksi Vogue Diana Vreeland menjadi penasihat khusus di Costume Institute.

Met Gala bertema pertama diadakan pada tahun 1973, sebuah retrospektif Cristobal Balenciaga. Di era Vreeland, Met Gala memang dikenal selalu menarik perhatian banyak selebriti, termasuk tokoh dunia.

Ketika pada tahun 1995 Setelah Anna Wintour mengambil alih Vogue, Met Gala berkembang dengan menyertakan nama-nama besar di bidang film, olahraga, bisnis, dan musik.

Berkat pengaruh Wintour, Met Gala telah berkembang menjadi salah satu acara mode tahunan paling eksklusif. Setiap tahun, Met Gala menghadirkan selebriti yang mengenakan tema, atau setidaknya interpretasi mereka sendiri terhadap tema tersebut. Tonton video di bawah ini: Video: DNA Bercahaya Membersihkan dan Mencerahkan Kulit dari Flek Hitam (rns/rns)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours