Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Menteri AHY Siapkan Wilayah Relokasi Warga Korban Erupsi Gunung Ruang

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan akan segera memastikan ketersediaan lahan di Kabupaten Bolang Mongondo Selatan sebagai lahan pertanian. pemukiman kembali lokasi. Pengungsi akibat letusan Gunung Ruang di Sulawesi Selatan.

Seperti diketahui, letusan gunung berapi tersebut terjadi sejak 16 April 2024. Dan akan kembali meletus pada 30 April 2024.

“Masyarakat yang sudah susah hidupnya karena terdampak bencana alam, tidak perlu menunggu lama untuk konfirmasi. Jika status tanahnya sudah clean and clear, maka Kementerian ATR/BPN akan segera melanjutkan pemberian sertifikat. ” kata AHY dalam keterangan resminya, Sabtu (4/5/2024).

Ia berharap dengan adanya relokasi ini, masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan tukang kebun dapat segera memulai hidup baru.

“Tidak mudah karena sudah puluhan tahun mereka pindah dari tempat tinggalnya. Tapi demi keselamatan, untuk menyelamatkan keluarganya. Saya juga berharap selain rumah, ada tambahan lahan yang warga terdampak dialokasikan untuk ditanami. pohon,” kata pemerintah AHY.Bantuan

Secara terpisah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto mengungkapkan, pemerintah akan segera membangun rumah permanen berupa rumah rehabilitasi bagi warga yang sebelumnya tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) I.

Sedangkan bagi warga yang rumahnya rusak parah, pemerintah akan membantu biaya perbaikan atau pembangunan senilai Rp 60 juta. Kemudian rumah rusak sedang berhak mendapat bantuan Rp 30 juta dan rumah rusak ringan berhak mendapat bantuan Rp 15 juta.

Hal itu terungkap saat meninjau lokasi pengungsian warga Tagulandang Biaro (Sitaro), Ynys Siau, Ynys Siau hari ini Sabtu (4/5/2024).

“Pemerintah tidak akan tinggal diam setelah ledakan selesai. Kami akan bersama bapak ibu bersama pemerintah daerah BNPB. Tidak menutup kemungkinan ada bapak dan ibu yang akan dipindahkan ke rumah baru. ” Karena rumah yang Anda tempati sekarang berada di kawasan berbahaya,” kata Suharyanto.

Hingga pukul 09.00 Wita, Sabtu (4/5), total warga yang berhasil dievakuasi dari Pulau Tagulandang tercatat 5.255 jiwa. Lokasi pengungsian mereka tersebar di beberapa wilayah seperti Kota Manado, Kota Bitung, Minahasa Utara, dan Pulau Siau.

Tim gabungan akan terus berupaya mengevakuasi warga lainnya serta menyediakan logistik dan peralatan penting selama masa tanggap darurat

Sebelumnya, dia bersama sejumlah menteri senior Kabinet Indonesia Bersatu telah mengikuti rapat terbatas terkait penanganan pengungsi akibat ledakan. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (03/05/2024).

Presiden RI menginstruksikan kepada para pimpinan kementerian/lembaga untuk segera merelokasi para pengungsi karena berdasarkan tata ruang yang berlaku saat ini, pengungsi tidak diperbolehkan kembali ke tempat asalnya.

Ia mengatakan kepada Kementerian ATR/BPN, jika kondisi lahan bersih maka proses sertifikasi tanah harus berjalan cepat. Tak hanya itu, Presiden secara khusus meminta Menteri ATR/Kepala BPN turun langsung ke lokasi.

Presiden RI menyampaikan, “Ada kebutuhan untuk pemukiman kembali untuk pemukiman yang harus dipercepat dan juga permasalahan pertanahan, termasuk permasalahan perumahan dan permasalahan pekerjaan. Nanti Menteri ATR akan membenahi wilayah yang akan meminta untuk dilihat. .” , Tonton video di bawah ini: Basarnas mengevakuasi 109 korban letusan Gunung Ruang (DCE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *